Cegah Krisis Pangan, Masyarakat Buton Tengah Kebagian 20 Ribu Bibit Sayuran

Mutarfin, telisik indonesia
Sabtu, 29 Oktober 2022
0 dilihat
Cegah Krisis Pangan, Masyarakat Buton Tengah Kebagian 20 Ribu Bibit Sayuran
Pj Bupati Buton Tengah, Muh Yusup saat memberikan bibit sayuran pada masyarakat. Foto: Mutarfin/Telisik

" Mencegah krisis pangan, 20 ribu bibit sayur-sayuran diberikan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah untuk masyarakat "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Mencegah krisis pangan, 20 ribu bibit sayur-sayuran diberikan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah untuk masyarakat.

Pj Bupati Buton Tengah, Muh Yusup menerangkan, agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan maupun lahan kosong yang ada di daerahnya masing-masing, agar bisa ditanami tanaman yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Sesungguhnya ada 20 komunitas tanaman sayuran yang harus diberikan kepada masyarakat apabila terjadi krisis ekonomi, paling tidak kita bisa memenuhi kebutuhan akan sayuran," ungkapnya, Sabtu (29/10/2022).

Baca Juga: IKA SMANDARA Komitmen Mengabdi pada Masyarakat

Ia menambahkan, Pemkab sudah mengeluarkan kebijakan, khususnya dinas pangan dalam hal langkah mengantisipasi, apabila sewaktu-waktu terjadi krisis pangan dengan menanami lahan dengan sayuran seperti tomat, cabai, toge dan lain-lain.

"Jadi nantinya kalau terjadi kenaikan harga, kita bisa memanfaatkan tanaman-tanaman itu, kini yang kita harapkan nantinya di seluruh Kabupaten Buton Tengah bisa memanfaatkan lahan-lahan tidur," jelasnya.

Baca Juga: Konawe Target Jadi Tuan Rumah Porprov Berikutnya

Selain itu, Kepala Dinas Pangan Buton Tengah, Burhan menjelaskan, untuk sementara ini dinas pangan menyalurkan  bibit sayur seperti tomat, terung, cabai, jahe, serta sayuran lainya, kemudian pada tahap dua masih ada 100 bibit lagi yang akan disalurkan pada masyarakat.

"Kita harapkan dengan pemberian sayuran ini, masyarakat yang terdampak penyesuaian kenaikan BBM tidak merasa berat di dalam memenuhi kebutuhannya terkait sayuran," harapnya.

Ia juga menyampaikan, ke depan yang akan dibagikan bukan hanya sayur mayur, tetapi tanaman obat lainya dalam rangka untuk bahan pembuatan obat herbal agar dapat menyehatkan masyarakat Buton Tengah. (B-Adv)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga