Cegah Ledakan Susulan Polda Jawa Timur Segera Operasi Petasan Jelang Ramadan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 22 Februari 2023
0 dilihat
Cegah Ledakan Susulan Polda Jawa Timur Segera Operasi Petasan Jelang Ramadan
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto bersama Gubernur KHofifah Indar Parawansa meninjau lokasi ledakan petasan di daerah Blitar. Selain melihat kondisi rumah hancur, gubernur Khofifah juga memberikan santunan bagi korban ledakan petasan. Foto: Ist.

" Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan pihaknya memastikan akan melakukan operasi petasan ilegal dalam beberapa hari ke depan. Operasi itu sebagai pengingat pada masyarakat agar menghindari kegiatan yang menyangkut alat peledak dan praktik pembuatan mercon ilegal "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan pihaknya memastikan akan melakukan operasi petasan ilegal dalam beberapa hari ke depan. Operasi itu sebagai pengingat pada masyarakat agar menghindari kegiatan yang menyangkut alat peledak dan praktik pembuatan mercon ilegal.

"Menjelang ramadan ini kita harus memerangi praktik pembuatan mercon ilegal," ungkapnya, Rabu (22/2/2023).

Operasi digelar, sebagai antisipasi adanya ledakan di Blitar beberapa waktu lalu. Toni mengintruksikan jajarannya menggelar razia bagi pembuat dan penjual mercon di wilayah hukumnya. Tujuannya untuk mencegah terjadinya ledakan maut seperti di Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Blitar.

Baca Juga: Bocah Perempuan Ini Diduga Dicabuli Lalu Dibunuh

“Kami mengingatkan lagi kepada masyarakat yang menjual dan pembuat petasan,” ujarnya.

Menurut Toni, ledakan maut akibat petasan yang menewaskan empat orang itu akan jadi perhatian khusus. Maka itu, Toni memberi peringatan serius bagi para pembuat dan penjual petasan yang ada di Jawa Timur.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, perlindungan kepada masyarakat harus menjadi prioritas. Ledakan petasan berdampak pada hilangnya nyawa, luka-luka serta kerusakan rumah tinggal, itu merupakan bencana sosial. Gubernur Khofifah mengajak semua elemen masyarakat agar menjaga suasana aman, nyaman dan kondusif.

“Jadi saya sampaikan perlindungan kepada masyarakat harus jadi prioritas semua pihak, baik kami di jajaran pemprov, pemkab dan seluruh stakeholder yang lain. Sebaliknya juga mohon dijaga sesuatu yang membahayakan jangan pernah dilakukan.  Mudah-mudahan kejadian ini merupakan kejadian yang terakhir,” tegasnya.

Baca Juga: Pelaku Penikaman Belum Terungkap, Keluarga Korban Diminta Bersabar

Sekedar diketahui, beberapa waktu lalu sebuah ledakan petasan terjadi di Blitar, Jawa Timur. Akibat ledakan itu sejumlah rumah warga hancur dan dilaporkan beberapa orang meninggal dan puluhan orang mengalami luka-luka. Kini polisi tengah melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dilaporkan rumah yang terampak di Dusun Sadeng Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, itu sebanyak 25 rumah rata dengan tanah.

Terkait penyebab pasti ledakan petasan di Blitar, polisi masih terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun menurut keterangan warga sekitar lokasi kejadian, ledakan berasal dari rumah Sudarman, pemilik rumah sering meracik petasan. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga