Cegah Penuaan Dini, Hindari Kebiasaan ini Saat Sarapan

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Minggu, 15 Mei 2022
0 dilihat
Cegah Penuaan Dini, Hindari Kebiasaan ini Saat Sarapan
Kebiasaan yang salah memilih sarapan dapat memberikan dampak negatif pada kulit, seperti penuaan dini. Foto: Repro kompas.com

" Sarapan pagi dengan menu yang tidak tepat bisa berdampak negatif pada kulit yakni akan memicu penuaan dini "

KENDARI, TELISIK.ID - Sarapan pagi merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan, karena bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan tidak mudah lemas saat melakukan aktivitas seharian.

Namun taukah kamu, sarapan pagi dengan menu yang tidak tepat bisa berdampak negatif pada kulit yakni akan memicu penuaan dini.

Tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi, seperti munculnya keriput dan garis-garis halus di wajah akibat memilih menu sarapan yang salah.

Melansir dari Tempo.co dan Republika.co.id, berikut beberapa kesalahan yang harus kamu hindari untuk mencegah proses penuaan menjadi lebih cepat.

1. Melewatkan sayuran dan buah

Jika Anda menyukai sarapan dengan daging, telur dan kentang namun tidak menambahkan sayuran dan buah, hal itu akan membuat kulit menua lebih cepat.

Buah dan sayur banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu mendukung kesehatan kulit bahkan bisa membuat kulit lebih bercahaya.

2. Makan terlalu banyak manis pagi hari

Banyak kalangan masyarakat yang merupakan pecinta manis bahkan memasukkan makanan manis tersebut dalam menu sarapannya seperti memakan donat atau pancake di pagi hari.

Baca Juga: Bisakah Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Udara? Ini Penjelasannya

Namun tahukah kamu, gula yang berlebihan dapat mendatangkan hal negatif dan dapat merusak kesehatan kulit.

Karena mengonsumsi gula dalam jumlah besar dapat menyebabkan pelepasan produk akhir glikasi lanjutan, yang diketahui dapat mempercepat penuaan kulit.

3. Lebih memilih makan roti panggang putih daripada gandum utuh

Hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan ketika memilih menu sarapan sehat adalah menghindari roti putih. Karena biji-bijian roti putih dilucuti dari sifat kaya nutrisi dan yang tertinggal hanyalah versi lain dari gula.

Bahkan, selama proses pemurnian roti putih, kandungan vitamin B yang tinggi juga ikut menghilang.

Sehingga, roti gandum utuh merupakan pilihan yang jauh lebih baik, karena proses yang dilewati lebih sedikit sehingga masih memiliki vitamin B utuh yang juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Baca Juga: Ternyata Ampas Teh Bisa untuk Kecantikan, Berikut Manfaat dan Cara Gunakan

4. Minum kopi dengan tambahan pemanis

Secangkir kopi di pagi hari juga dapat berdampak negatif pada kulit dan mempengaruhi percepatan penuaan kulit jika ditambahkan terlalu banyak pemanis atau gula saat diseduh, baik kopi panas maupun es kopi.

Gula bersifat pro-inflamasi yang dapat menyuburkan mikrobioma yang tidak sehat, sehingga menyebabkan lonjakan gula darah, yang berakibat mempercepat proses penuaan.

Jadi, batasi gula tambahan dan tambahkan bahan-bahan seperti buah-buahan dan sayuran. Jangan lupa, tetap terhidrasi adalah kebiasaan nomor satu untuk membantu mencegah penuaan kulit dan membuatnya tetap sehat bercahaya. (C)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga