Cegah Penyebaran COVID-19, Sekda Minta Penjagaan Perbatasan Diperketat

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 17 Mei 2021
0 dilihat
Cegah Penyebaran COVID-19, Sekda Minta Penjagaan Perbatasan Diperketat
Tim gabungan melakukan pengawasan di perbatasan, warga yang melintas masuk Kota Kendari dilakukan pengecekan suhu tubuh. Foto: Ist.

" Arus balik itu harus dijaga ketat di lapangan, bahkan tadi sudah sepakat dengan Dinkes agar secara acak dilakukan swab antigen di lapangan. Kita pakai termo gun, kalau misalnya di atas 37 itu langsung di-swab "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekda Kota Kendari meminta Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 yang bertugas di perbatasan memperketat penjagaan, utamanya warga yang hendak masuk Kota Kendari pasca libur lebaran.

Sekda Kota Kendari Nahwa Umar mengaku sudah memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) menyiapkan rapid antigen di setiap perbatasan, jika ditemukan warga dengan suhu di atas 37 derajat celcius, maka langsung dilakukan rapid antigen di tempat.

"Arus balik itu harus dijaga ketat di lapangan, bahkan tadi sudah sepakat dengan Dinkes agar secara acak dilakukan swab antigen di lapangan. Kita pakai termo gun, kalau misalnya di atas 37 itu langsung di-swab," kata Nahwa, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Sidak di OPD, Sekda Temukan Pegawai Tak Berkantor Setahun

Selain perketat wilayah perbatasan, Sekda juga memerintahkan camat dan lurah menjaga wilayahnya masing-masing, jika ada warga yang diduga membawa penyakit maka segera dilaporkan agar segera mendapatkan penanganan.

"Melalui RT/RW dipantau warganya jika ada yang bergejala lakukan tindakan apakah diisolasi atau dibawa ke rumah sakit," tuturnya.

Dia menambahkan, meskipun jumlah kasus COVID-19 di Kota Kendari jumlahnya terus berkurang, namun dia meminta semua pihak tetap waspada, apalagi di beberapa wilayah di Indonesia sudah ditemukan kasus COVID-19 varian baru.

Baca Juga: Sebut Israel Pelaku Pelanggaran HAM, P4II Jatim Gelar Aksi Solidaritas Palestina

Sebelumnya, dalam apel pagi via zoom Sekda Kota Kendari mengingatkan semua OPD tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan tugas pelayanan pada masyarakat.

Data Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kendari hingga tanggal 16 Mei 2021, pasien penderita COVID-19 yang masih dirawat tersisa 7 orang. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga