Cegah Stunting, Alumni FISIP UHO Angkatan 1990 Adakan Pengobatan Gratis

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
Cegah Stunting, Alumni FISIP UHO Angkatan 1990 Adakan Pengobatan Gratis
Tim medis dari Puskesmas Kolono sedang melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Untuk mencegah stunting, alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO angkatan 1990 menggelar pengobatan gratis di Desa Rumba-Rumba "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk mencegah stunting, alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO angkatan 1990 menggelar pengobatan gratis di Desa Rumba-Rumba, Kecamatan Kolono, Kabupaten Konawe Selatan Selasa (7/3/2023).

Salah satu sasaran pengobatan gratis tersebut adalah warga masyarakat pesisir pantai di Desa Rumba-Rumba. Karena masyarakat pantai dinilai rentan akan stunting. Ketua panitia Suleman Nur Alam mengatakan, masyarakat pesisir pantai adalah masyarakat pinggiran yang rentan stunting karena kurangnya pemahaman mereka akan pentingnya kesehatan ibu hamil.

"Objek sasaran kami adalah masyarakat pesisir pantai di Desa Rumba-Rumba karena mereka adalah masyarakat pinggiran yang kurang memahami pentingnya kesehatan, terutama pada ibu hamil yang sangat membutuhkan gizi untuk pertumbuhan janin yang dikandung," ujar Suleman Nur Alam.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh alumni FISIP UHO angkatan 1999. Namun menurut Suleman, kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin, dengan sasaran masyarakat pedalaman yang sulit dijangkau. Selain melakukan pengobatan gratis, mereka juga diberikan pemahaman akan pentingnya kesehatan terutama bagi ibu yang sedang hamil guna mencegah stunting pada anak yang dilahirkan kelak.

Baca Juga: Bapak Asuh Anak Stunting Jadi Program Percepatan Penurunan Stunting

Selain Ketua DPRD Konawe Selatan Irham Kalenggo, kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Hj. Siti Hadijah. Pada kesempatan itu dia mengungkapkan rasa terima kasih dan memberi aprisiasi kepada alumni FISIP UHO angkatan 1990 yang mau melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat pesisir pantai di Desa Rumba-Rumba.

"Kami sebagai pemerintah merasa bersyukur dan berterima kasih kepada alumni Universitas Halu Oleo yang mau membantu salah satu program pemerintah yaitu pencegahan stunting, serta memberi pemahaman akan pentingnya kesehatan kepada masyarakat," ujar Siti Hadijah.

Baca Juga: Balita Stunting Parah di RSUD Ruteng Manggarai Akhirnya Dapat Bantuan

Dengan dibantu oleh tim medis dari Puskesmas Kolono, para alumni juga dibantu oleh aparat desa termasuk tim penggerak PKK Desa Rumba-Rumba.

Masyarakat Rumba-Rumba menyambut dengan antusias pengobatan gratis ini. Mereka sudah memenuhi balai.desa sejak pagi hari. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga