Ceramah Ramadan, Lukman Abunawas Tekanan Tiga Hikmah Ibadah Puasa

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 15 Maret 2024
0 dilihat
Ceramah Ramadan, Lukman Abunawas Tekanan Tiga Hikmah Ibadah Puasa
Lukman Abunawas saat membawakan ceramah bulan suci ramadan. Foto:Ist.

" Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, membawakan ceramah Ramadan pada malam keempat Ramadan 1445 H di Masjid Baitul Amin Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, membawakan ceramah Ramadan pada malam keempat Ramadan 1445 H di Masjid Baitul Amin Kendari, Kamis (14/3/2024).

Dalam ceramahnya, Lukman Abunawas menekankan tiga hal dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Ketiga hal itu ada sabar, zikir dan syukur.

‘’Jamaah sekalian, dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan kita dilatih untuk bagaimana bersabar menghadapi kehidupan yang telah digariskan oleh Allah SWT. Dalam menghadapi semua cobaan hidup, kita diminta untuk menjadikan shalat dan sabar sebagai penolong,’’ kata Lukman Abunawas.

Baca Juga: Catat Jadwal dan Formasi CPNS 2024, Ada untuk Lulusan SMA

Selain itu, bulan suci Ramadan juga sepatutnya kaum muslimin lebih banyak mengingat dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, dengan cara memperbanyak zikir kepada Allah.

Kemudian yang ketiga adalah, umat muslim diajarkan untuk mensyukuri apapun kondisi yang ditakdirkan oleh Allah.

Baca Juga: Warga Mokoau Kendari Keluhkan Bising Knalpot Brong dan Penyalahgunaan Narkoba

‘’Ketiga hal ini harus kita tanamkan dalam jiwa setiap umat muslim. Agar senantiasa menjadikan shalat dan sabar sebagai penolong. Karena Allah akan bersama dengan orang-orang sabar. Demikian pula senantiasa mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah dan bersyukur dengan segala nikmat yang sudah Allah limpahkan,’’ tegas Lukman Abunawas di hadapan ratusan jamaan Masjid Baitul Amin, Kendari.

Di bagian lain, mantan Bupati Konawe dua periode ini meminta jamaah agar bahu membahu dalam menyelesaikan pembangunan mesjid Baitul Amin yang belum 100 persen selesai pemabangunannya. Tentunya dengan keikhlasan dan tanpa rasa riya. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga