Cerita Inspiratif, Pemilik Usaha Jus Smoothies King Qatar di Konawe Selatan

Evy Septiana Warsito, telisik indonesia
Jumat, 17 November 2023
0 dilihat
Cerita Inspiratif, Pemilik Usaha Jus Smoothies King Qatar di Konawe Selatan
Salah satu kisah inspiratif pemilik usaha jus Smothies King Qatar di Konawe Selatan. Foto: Evy Septiana Warsito/Telisik

" Konsep usaha yang dijalaninya berawal dari ketertarikannya terhadap ide bisnis minuman jus kesehatan yang menjamur di masyarakat "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - King Qatar merupakan salah satu produk UMKM Jus Smoothies milik Ana, pengusaha asal Konda, dan memiliki outlet di Kecamatan Konda, Konawe Selatan.

Konsep usaha yang dijalaninya berawal dari ketertarikannya terhadap ide bisnis minuman jus kesehatan yang menjamur di masyarakat, dan melihat kawasan Konda, Konawe Selatan, sebagai kawasan potensial menjalankan usaha tersebut.

Ana menceritakan jatuh bangun awal merintis usaha pernah ia rasakan pada saat almarhum suami pertamanya terserang penyakit tumor selama 4 tahun, dan membuatnya harus berjuang sendiri dalam menjalankan usahanya.

Anak-anaknya merupakan salah satu motivasi terkuatnya menjalani hidup, hingga ia tidak menyerah dan berkomitmen untuk menjadi seorang pebisnis sukses. King Qatar adalah nama tempat usahanya yang terinspirasi dari nama anak terakhirnya.

Berangkat dari semangat dan tekad yang kuat, Ana yang seorang pengusaha sekaligus Ibu rumah tangga ini mengaku, mempunyai fashion di bidang bisnis sudah cukup lama.

Baca Juga: Owner My Bay Tecco Food, Pengusaha Kuliner Muda Pemilik Beberapa Outlet

Adapun sebelumnya Ia pernah menekuni berbagai macam bisnis lain yakni berdagang 9 bahan pokok, dan bisnis pakaian yang masih berjalan hingga saat ini.

Berbagai macam pengalamannya di dunia usaha, membuatnya cukup banyak belajar mengenai usaha tersebut, sehingga berdasar rasa keingintahuan yang tinggi, ia mulai berfikir untuk mencari peluang usaha baru yang dapat ia kembangkan dengan modal awal Rp 3 juta.

Dengan melihat pertimbangan potensi kawasan Konda yang masih jarang ditemui pedagang jus smothies, akhirnya Ana mulai belajar tutorial di YouTube, dan kemudian mulai menerapkan ide bisnisnya tersebut.

Menurutnya, untuk mengembangkan usaha tersebut banyak tantangan, tidak hanya penyiapan modal dasar usaha, juga alat-alat khusus yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha.

Meskipun pernah merasakan naik turunnya pendapatan yang tidak menentu, ia tetap konsisten terhadap diri sendiri untuk terus semangat berusaha, karena hal tersebut merupakan modal utama yang dibutuhkan bagi pelaku usaha.

"Minuman jus smoothies dengan variasi toping sangat cocok untuk dikonsumsi terlebih orang-orang yang diet maupun orang-orang yang sedang menjalankan pola hidup sehat, apalagi di musim kemarau," tutur Ana, Jumat (17/11/2023).

"Adapun beberapa jenis varian menu yang disediakan di King Qatar antara lain smothies mangga, alpukat, buah naga, maupun es mojito, dengan harga terjangkau mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 17.000. Dimana menu yang terlaris yakni smothies mangga dan alpukat," ujar Zaenal, sang suami.

Baca Juga: Modal Usaha Minim, Pemerintah Dukung Bantuan Stimulus UMKM

Omzet perhari dari menjalankan usaha jus tersebut kurang lebih  Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta, belum termasuk usaha lain yakni penjualan pakaian dengan omzet sama, sehingga menurutnya sudah cukup untuk menunjang perekonomian sehari-hari.

Tidak hanya itu, keunggulan dari produk usaha King Qatar, yakni bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan fresh dan pilihan sehingga sesuai dengan lidah konsumen, kemasan praktis dan higienis, juga cita rasa buah dan aneka toping, susu, whip cream, dan keju parut yang lebih kental.

Strategi promosi dijalankan melalui media online Facebook, Instagram, juga melalui mulut ke mulut.

Harapannya produk jus smoothies King Qatar bisa lebih diminati masyarakat, terutama dapat mengutamakan pemberian nilai dari pelanggan, dan tentunya memajukan sektor minuman kesehatan yang bernutrisi. (B)

Penulis: Evy Septiana Warsito

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga