Cerita Pedagang Siomay, Jualan Keliling Kampung Demi Rupiah

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 23 Februari 2024
0 dilihat
Cerita Pedagang Siomay, Jualan Keliling Kampung Demi Rupiah
Cerita pedagang siomay di sudut jalan Kota Kendari, Rahman (29). Foto: Erni Yanti/Telisik

" Seorang pedagang siomay bernama Rahman (29), sudah beberapa tahun menggeluti pekerjaannya. Karena tak memiliki tempat berjualan yang tetap, dia terpaksa berkeliling "

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang pedagang siomay bernama Rahman (29), sudah beberapa tahun menggeluti pekerjaannya. Karena tak memiliki tempat berjualan yang tetap, dia terpaksa berkeliling. Meski menguras tenaga dan penghasilannya sangat minim, pekerjaan itu tetap dilakoninya demi menghidupi keluarga.

Ia terus berfikir agar bisa berjualan di tempat yang tetap agar usahanya bisa berkembang, dan penghasilannya meningkat. Setelah beberapa tahun menjual di kampung halaman, ia memutuskan untuk pindah ke Kota Kendari.

Saat ini ia menjual di perempatan kampus baru UHO, di sudut jalan depan Beauty. Setiap sore hari sekitar pukul 16:00 Wita, ia mulai memarkirkan motornya dan memasang payung besar untuk melindungi dirinya.

Selama beberapa bulan ia menjual, omzet yang diperoleh jauh lebih besar dan sedikit demi sedikit mulai ada kemajuan. Meski dengan berbagai tantangan, sejak berjualan di Kendari, kehidupan ekonomi keluarganya mulai membaik, juga bisa menyisipkan untuk ditabung.

Sejak masih muda, Rahman tak pernah pilih-pilih pekerjaan. Pekerjaan apapun ia lakukan. Ia selalu menanamkan dalam dirinya setiap apa yang dilakukan adalah bagian dari pengalaman yang bisa mengantarkan pada kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: Kakek 65 Tahun di Kendari, Hidupi Keluarga jadi Penjual Bensin

Menjadi penjual siomay kata Rahman, tentu tidak sembarangan, butuh ketekunan dan kesabaran.

Salah seorang pembeli yang juga sopir angkot, Ode, menjadi langganan Rahman karena mobilnya sering ia parkir di tempat Rahman berjualan.

"Iya, saya sering saya beli di sini, siomaynya saya suka, dan kebetulan pete-pete yang saya bawa parkir di sini tunggu penumpang, jadi kadang sambil cerita juga sama penjualnya," tutur Ode.

Baca Juga: Penjual Nasi Ini Bisa Sekolahkan Anak hingga Sarjana

Berdasarkan pantauan Telisik.id Kamis (22/2/2024) malam, banyak pembeli muda mudi yang membeli siomay setelah berbelanja di Beauty.

Salah seorang pembeli, Hikma mengatakan, setiap kali setelah berbelanja di Beauty perempatan kampus, iya pasti singgah membeli siomay. Selain enak, juga murah.

"Sudah pas di sini tempatnya penjual siomay ini, kita habis belanja langsung beli siomay di sini. Apalagi ada jalan baru ini tambah ramai," ucapnya sambil tersenyum. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga