Cetak Sejarah, Belanja Konsumen TikTok Capai Rp 155,5 Triliun

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 14 Januari 2024
0 dilihat
Cetak Sejarah, Belanja Konsumen TikTok Capai Rp 155,5 Triliun
Sepanjang 2023 untuk pertama kalinya, TikTok memecahkan rekor mendapatkan USD 10 miliar atau setara Rp 155,3 triliun dari pengeluaran pengguna di dalam aplikasi. Foto: Koinworks.com

" Sepanjang 2023 untuk pertama kalinya, TikTok memecahkan rekor mendapatkan USD 10 miliar atau setara Rp 155,3 triliun dari pengeluaran pengguna di dalam aplikasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sepanjang 2023 untuk pertama kalinya, TikTok memecahkan rekor mendapatkan USD 10 miliar atau setara Rp 155,3 triliun dari pengeluaran pengguna di dalam aplikasi.

TikTok juga menjadi aplikasi pertama yang mencapai tonggak sejarah ini. Prestasi ini memperlihatkan kenaikan pesat dari TikTok dan pendekatan inovatifnya atas monetisasi.

Sebelumnya rekor tersebut hanya dipegang oleh aplikasi game. Candy Crush Saga dari King/Activision Blizzard mencetak pendapatan 12 Miliar AS, sementara Monster Strike dari XFLAG/Mixi dan Clash of Clans dari Supercell mencetak penjualan 10 miliar AS seperti dilansir dari Ftnews.co.id.

Baca Juga: Tips Ampuh FYP TikTok dan Hasilkan Cuan

Data belanja konsumen ini merujuk pada laporan Data.ai. Pada awal 2023, TikTok mencatat penjualan lebih dari 6,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 96,4 triliun), selanjutnya terus bertambah 3,8 miliar dollar AS (kira-kira Rp 59,1 triliun) lagi sepanjang tahun 2023 ini atau pertumbuhan 61 persen dari awal tahun.

Melansir Liputan6.com, keberhasilan aplikasi TikTok ini adalah berkat penerapan strategi unik. Dimana, TikTok memberdayakan pengguna untuk langsung mendukung kreator favorit mereka melalui tip virtual dan pembelian saat live streaming.

Langkah ini pun membangun ekosistem simbiotik, di mana keterlibatan pengguna mendorong imbalan finansial untuk para kreator. Model bisnis TikTok ini mendapatkan apresiasi dari para ahli. Mereka melihatnya sebagai potensi untuk membuka monetisasi di aplikasi mobile.

Selain itu, belanja konsumen yang fantastis juga pengeluaran pengguna untuk membeli koin dalam aplikasi. Koin ini berfungsi sebagai mata uang virtual untuk membeli stiker. Selanjutnya, pengguna bisa memberikan stiker pada konten kreator favoritnya sebagai tip.

Baca Juga: Hati-Hati Kecanduan, Jebakan Scroll TikTok Bisa Kuras Waktu Mahasiswa

TikTok menyediakan beragam paket pembelian koin. Misalnya, di Indonesia harga paling murah Rp1.200 untuk 5 koin dan paling mahal Rp4,35 juta untuk 17.500 koin.

Pengeluaran keseluruhan pengguna di dalam aplikasi mengalami penurunan untuk game. Sementara, kategori aplikasi lain mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Sementara itu, layanan streaming, platform konten, dan aplikasi kencannya mengalami peningkatan substansial. Hal ini memperlihatkan adanya pola konsumsi yang berkembang dari pengguna smartphone. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga