China Dituding Ciptakan Burung Merpati Mata-Mata di India

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
China Dituding Ciptakan Burung Merpati Mata-Mata di India
Burung merpati yang sempat dituduh sebagai mata-mata dari China telah dibebaskan oleh polisi India ke alam liar. Burung itu ditangkap pada Mei 2023 di dekat sebuah pelabuhan di Mumbai. Foto: Repro Viva.co.id

" Seekor burung merpati yang sempat dituduh sebagai mata-mata dari China, telah dibebaskan oleh polisi India ke alam liar "

NEW DELHI, TELISIK.ID - Seekor burung merpati yang sempat dituduh sebagai mata-mata dari China telah dibebaskan oleh polisi India ke alam liar. Burung itu ditangkap pada Mei 2023 di dekat sebuah pelabuhan di Mumbai.

Burung Merpati itu diduga mata-mata usai ditemukan dua cincin diikat di kakinya yang menampilkan huruf dalam bahasa Mandarin. Polisi ini sempat mencurigai burung merpati ini terlibat dalam kegiatan mata-mata dan menahannya, kemudian mengirimkannya ke Rumah Sakit Hewan Bai Sakarbai Dinshaw Petit di Mumbai.

Dilansir dari Liputan6.com, belakangan terungkap burung merpati tersebut adalah burung balap dari Taiwan yang melarikan diri dan tiba di India. Dengan izin polisi, burung itu dipindahkan ke Bombay Society for the Prevention of Cruelty to Animals, kemudian para dokter melepaskannya ke alam liar.

Peristiwa ini bukan kali pertama seekor burung menjadi tersangka oleh polisi di India. Pada 2016, burung merpati lainnya ditahan setelah ditemukan dengan sebuah catatan yang mengancam Perdana Menteri India Narendra Modi.

Baca Juga: Unik, Bahasa di Negara Ini hanya Miliki 250 Kata

Baca Juga: Negara Ini Rela Bayar Mahal Warga Asing Demi Tinggal di Wilayahnya

Sejarah mencatat burung merpati memang sering dipakai sebagai agen mata-mata. SpyMuseum melaporkan, selama Perang Dunia I, merpati dilengkapi dengan kamera kecil dan dilepaskan di atas wilayah musuh. Saat burung terbang, kamera tersebut bergerak dan mengambil foto seperti dikutip dari Sindonews.com.

Pada tahun 2020, polisi India di Kashmir melepaskan burung merpati milik nelayan Pakistan setelah penyelidikan menemukan burung tersebut, yang telah terbang melintasi perbatasan, bukanlah mata-mata.

Sejak awal sejarah spionase, merpati telah menjadi sahabat terbaik mata-mata. Dikenal karena kecepatan dan kemampuannya untuk kembali ke rumah dalam segala cuaca, merpati membawa kargo kecil yang berharga tinggi di atas garis musuh. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga