adplus-dvertising

Ciptakan Dessert dengan Konsep Unik, Usaha Rumahan Ini Banjir Pesanan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 21 Januari 2022
1025 dilihat
Ciptakan Dessert dengan Konsep Unik, Usaha Rumahan Ini Banjir Pesanan
Beberapa menu dessert sweeten.bypuspa yang beralamat di BTN UHO Blok P No. 8 Kampus Baru. Foto: Nur Khumairah Sholeha Hasan/Telisik

" Usaha ini dimulai sejak anak-anaknya masih kecil hingga sekarang "

KENDARI, TELISIK.ID - Usaha kuliner dessert kini marak di Kota Kendari, salah satunya adalah usaha yang dijalankan oleh Suryani Z. Saenong.

Dessert merupakan makanan penutup atau makanan pencuci mulut yang biasa disajikan di akhir dari sajian menu.

Memiliki kegemaran membuat kue dan hidangan penutup seperti dessert, membuatnya mencoba usaha tersebut. Masih dalam skala rumahan, nyatanya tak menghalangi niatnya untuk mengembangkan usahanya.


Usaha ini dimulai sejak anak-anaknya masih kecil hingga sekarang. Tak pernah terpikirkan untuk berjualan online sama sekali. Berjualan melalui online dimulai saat salah seorang anaknya mengusulkan untuk membuat menu dessert sedikit berbeda dari menu dessert pada umumnya untuk usaha sang bunda.

"Ini menjualnya sudah lama, sejak mereka masih kecil-kecil, itupun ditahu karena informasi dari orang-orang terdekat, belum secara online. Sedangkan jual onlinenya itu pas akhir 2019," ungkapnya pada Telisik.id, Jumat (21/1/2022).

Mulailah dessert buatan Suryani dipasarkan secara online melalui platform Instagram dan Facebook. Asal muasal nama brand sweeten.bypuspa juga dibuat oleh sang anak, karena kegemarannya makan yang manis-manis.

Beberapa menu yang dibuat dengan konsep unik adalah menu Sanggara Balanda, menu berbahan dasar pisang ini biasanya disajikan dengan pisang yang dibelah memanjang lalu diberikan saus kacang giling di atasnya, kini dibuat dengan konsep berbeda yaitu dibuat menjadi banana roll, pisangnya digulung lalu di berikan saos kacang sebagai pelengkap sehingga tampilannya lebih menarik.

Menu yang tak kalah menarik adalah Pancake Durian dan Pie Sultan. Menu yang satu ini cukup banyak yang suka, baik dari konsumen maupun langganannya. Pie Sultan sendiri sama dengan pie pada umumnya, hanya dibuat dengan toping buah-buahan tetapi dengan bahan-baham premium yang disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Baca Juga: Gegara TikTok, Gadis Kendari Ini Ciptakan Kripik dengan Rasa Unik

Sejak dijual secara online, tak sedikit pembeli yang ingin mencoba menu uniknya tersebut. Bahkan ada yang pernah memesan langsung dari Makassar.

"Kalau untuk akun Facebook menu dessert ini belum punya, masih pake Facebook pribadi sih jualannya, atas nama Dyah Saenong, pernah ada yang pesan di Makassar, tapi saya tidak antarkan karena terlalu jauh," ungkap Dyah Wijayanti selaku marketing, yang tak lain anak dari Suryani.

Salah seorang konsumennya mengaku sangat menyukai Pie Sultan buatan Suryani.

"Enak sekali kue pienya, cepat sekali habis, pas rasanya, manis susunya, mantap," ungkap Nima Makmur.

Baca Juga: Kabuto, Makanan Khas Sultra yang Wajib Dicoba

Seorang temannya juga suka dengan dessert yang dijualnya.

"Enak sekali, nda menyesal kubeli," ungkap Fatiha Bunga.

Kendala yang dihadapinya saat ini adalah pesanan yang terkadang cukup banyak, sedangkan usaha yang dijalankan masih homemade, yang hanya dibantu oleh anak-anaknya.

"Alhamdullillah, karena rasanya banyak orang yang suka. Sekarang, biasa pesanan kalau pesta 100 pcs per satu macam, tetapi kadang ada yang memesan 4-5 macam. Jadi sekitar 400-500 pcs, hanya kendalanya sekarang biasa pesanan banyak, kita kurang tenaga. Tapi, tetap kita utamakan pesanan, harus selesai," tutup Suryani. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga