Coach Justin Sebut Alasan Sepak Bola Indonesia Stuck

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 03 Juli 2023
0 dilihat
Coach Justin Sebut Alasan Sepak Bola Indonesia Stuck
Coach Justin menyebut pembinaan sepak bola Indonesia stuck karena banyaknya pemain luar negeri. Foto: Repro Suara.com

" Menurut Coach Justin, stuck atau mentoknya pembinaan sepak bola di Indonesia disebabkan banyaknya pemain luar negeri yang direkrut "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dunia sepak bola Indonesia menarik untuk dibahas, salah satunya datang dari Justinus Lhaksana atau Coach Justin. Ia memberikan pendapatnya terkait sepak bola di Indonesia.

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, menurut Coach Justin, stuck atau mentoknya pembinaan sepak bola di Indonesia disebabkan banyaknya pemain luar negeri yang direkrut.

Menurut pandangan Coach Justin, para pemain lokal tidak mendapatkan kesempatan untuk berkembang di persepakbolaan Indonesia.

Bahkan dengan pemain sepak bola yang berjumlah 11 orang, jika setengahnya sudah diisi pemain asing ditambah pemain naturalisasi, maka hanya sisa sedikit kesempatan untuk pemain lokal bergabung.

Baca Juga: Timnas Indonesia Terancam Tak Lakoni FIFA Matchday Oktober 2023

"Lu boleh pake banyak pemain luar negeri, kalau seandainya liga lu sudah develop. Kalau kualitas pemain lokal sama dengan pemain luar, kayak di Inggris contoh. Kayak di Spanyol," saran Coach Justin, seperti dikutip dari Suara.com.

Ia menyebut, seharusnya pemain lokal diberikan kesempatan yang lebih untuk berkembang, terutama pemain-pemain muda. Jangan hampir semuanya berasal dari luar negeri.

Baca Juga: Argentina Menang Tipis 2-0, Indonesia jadi Sorotan 37 Negara

"Itu kenapa salah satu alasan kita bagus di 17,18,19 abis itu stuck. Abis itu nggak kelihatan lagi," pungkasnya, dilansir dari Short YouTube @penagamatbolaa. 

Ia menambahkan jika jumlah pemain sepak bola adalah 11 orang dalam satu regu jika 6 orang di antaranya berasal dari luar negeri, hanya 5 orang lokal yang bermain di timnas Indonesia.

"11 orang pemain, 6 orang pemain luar negeri, belum naturalisasinya tinggal berapa pemain lokalnya yang bisa masuk ke timmas, kan imbasnya ke timnas," pungkasnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga