Copa America 2024: Amerika Serikat Dihantui Tekanan Uruguay

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 01 Juli 2024
0 dilihat
Copa America 2024: Amerika Serikat Dihantui Tekanan Uruguay
Pemain Uruguay, Darwin Nunez, menjadi ancaman bagi Amerika Serikat di pertandingan akhir penyisihan Grup C Copa America 2024 di Arrowhead Stadium, Kansas City, Selasa (2/7/2024) pagi pukul 08:00 WIB. Foto: AP

" Amerika Serikat (AS) dalam tekanan untuk lolos ke perempat final dari Grup C Copa America 2024 saat bertemu pimpinan klasemen Uruguay di GEHA Field di Arrowhead Stadium, Kansas City, Missouri, Selasa (2/7/2024) pagi pukul 08:00 WIB "

KANSAS CITY, TELISIK.ID – Amerika Serikat (AS) dalam tekanan untuk lolos ke perempat final dari Grup C Copa America 2024 saat bertemu pimpinan klasemen Uruguay di GEHA Field di Arrowhead Stadium, Kansas City, Missouri, Selasa (2/7/2024) pagi pukul 08:00 WIB.

Timnas AS yang berada di posisi kedua klasemen memiliki poin 3, sama dengan poin Panama yang di pertandingan lain akan bertemu peringkat empat Bolivia (0 poin). Sementara Uruguay mendulang 6 poin dari dua kemenangan.

“Tekanan selalu ada. Sekali lagi, tidak ada tekanan lebih besar di luar daripada apa yang kami berikan pada diri kami sebagai staf dan sebagai pemain,” ungkap pelatih AS, Gregg Berhalter yang didampingi kapten tim Christian Pulisic kepada wartawan di Stadion Arrowhead, Senin (1/7/2024).

Pertandingan akhir penyisihan grup ini sangat menentukan bagi AS. Jika AS kalah sementara Panama menang atau imbang atas Bolivia, maka AS gagal ke perempat final di kandang sendiri yang di satu-satunya turnamen besar mereka sebelum Piala Dunia 2026.

“Saya pikir kami harus memainkan permainan yang sangat kuat. Saya tahu kami memiliki tim yang cukup bagus sehingga jika kami melakukan itu, menampilkan performa yang sangat bagus,” kata Pulisic.

Status kiper AS, Matt Turner, untuk dimainkan masih belum jelas setelah meninggalkan pertandingan pada Jumat (28/6/2024) lalu di babak pertama karena cedera kaki. Turner berpartisipasi dalam latihan ringan pada Sabtu dan Minggu kemarin, tetapi Berhalter mengatakan stafnya akan terus memantaunya.

Tim Berhalter juga tidak akan diperkuat pemain sayap andalannya Timothy Weah. Pemain yang merumput di Serie A Italia ini terkena hukuman dua pertandingan akibat kartu merah yang diterimanya saat AS kalah 1-2 dari Panama.

Weah meninggalkan USMNT dengan lubang untuk diisi di sayap juga, yang akan memaksa mereka untuk menemukan solusi yang berbeda di atas.

Berhalter menilai Weah berbahaya di depan gawang dan defensif. Weah juga diapresiasi karena melakukan pekerjaan yang sangat bagus sehingga sulit untuk digantikan.

Baca Juga: Scaloni Bangun Argentina untuk Menang Tanpa Lionel Messi

“Tetapi bagi kami, kami memiliki rencana permainan yang kami jalani dan jalankan, dan kami akan menempatkan para pemain di lapangan yang kami pikir bisa melakukan itu,” terang Berhalter.

Uruguay tidak akan didampingi pelatih kepala Marcelo Bielsa di pinggir lapangan untuk pertandingan Selasa pagi WIB. CONMEBOL mengumumkan pada hari Minggu bahwa Bielsa diskors karena Uruguay terlambat memasuki lapangan untuk memulai babak kedua melawan Bolivia pada Jumat lalu.

Berhalter tidak percaya bahwa absennya Bielsa dari pinggir lapangan akan mengubah cara Uruguay menerapkan permainan. Pelatih AS juga mengharapkan Uruguay untuk menurunkan skuad kekuatan penuh.

“Mereka melakukan beberapa hal, hanya level yang sangat tinggi. Intensitas yang mereka mainkan, kecepatan, bagaimana mereka mempertahankan intensitas sepanjang pertandingan adalah level yang berbeda,” kata Berhalter tentang Uruguay.

Berhalter juga menilai Uruguay didukung kekuatan fisik pemainnya yang berada di atas dan di luar tim lain di turnamen ini. Selain itu, Uruguay selalu menerapkan serangan balik dan transisi yang cepat.

Uruguay memukul Bolivia 5-0 dalam pertandingan terakhir mereka dan memuncaki klasemen grup. Darwin Nunez adalah titik fokus serangan Uruguay di bawah Bielsa, meskipun mantan pelatih Leeds United itu tidak peduli dengan penyelesaian akhir penyerang yang terkadang tidak menentu.

“Semua pemain yang merupakan pencetak gol konsisten tahu bagaimana menyelesaikannya. Tetapi mereka juga manusia sehingga mereka akan memiliki saat-saat di mana kapasitas itu akan lebih baik dan di lain waktu kurang baik,” kata Bielsa.

Bielsa tak menampik bahwa Darwin Nunez merupakan salah satu pemain kunci bagi timnya di setiap pertandingan. Namun, dia menegaskan bahwa sepakbola adalah kolektivitas.

“Darwin adalah pemain yang tidak membutuhkan banyak dukungan. Satu-satunya hal yang menjadi perhatian saya adalah apakah dia berada di posisi untuk mencetak gol, memengaruhi permainan, menyelesaikan gerakan, atau memilih di mana menempatkan tembakan,” ujar Bielsa.

Baca Juga: Copa America 2024: Tanpa Messi Argentina Incar Rekor Sempurna

Data dan Fakta:

- Amerika Serikat dan Uruguay akan bertemu di CONMEBOL Copa America untuk pertama kalinya sejak edisi 1993 (1-0 untuk Uruguay). La Celeste telah memenangkan empat dari lima pertandingan terakhirnya melawan wakil Concacaf dalam kompetisi (Kalah 1) dan telah menjaga clean sheet dalam tiga dari lima pertandingan tersebut.

- Dua kemenangan Uruguay melawan Amerika Serikat hanya dalam dua pertandingan non-persahabatan yang mereka mainkan (3-0 di Olimpiade Paris 1924 dan 1-0 di CONMEBOL Copa América 1993). Uruguay adalah satu-satunya tim CONMEBOL yang gagal mengalahkan Amerika Serikat yang bermain di Amerika Utara.

- Uruguay memulai CONMEBOL Copa América 2024 dengan dua kemenangan beruntun. La Celeste belum memulai dengan tiga kemenangan berturut-turut sejak 1959, ketika mereka mengalahkan Ekuador (4-0), Brasil (3-0) dan Argentina (5-0) di turnamen kedua yang diadakan tahun itu di Ekuador.

- Darwin Núñez dan Maximiliano Araújo mencetak gol dalam dua pertandingan pertama mereka di CONMEBOL Copa América. Hanya empat pemain Uruguay yang mencetak gol dalam tiga pertandingan pertama mereka di kompetisi: Pedro Petrone (1923), Mario Bergara (1959), Vladas Douskas (1959) dan Jorge Oyarbide (1967).

- Joe Scally dari Amerika Serikat adalah pemain Grup C CONMEBOL Copa América 2024 yang telah menerima pelanggaran terbanyak (8). Selain itu, ia adalah yang kedua dalam grup dengan duel individu terbanyak yang dimenangkan (17, bersama Maximiliano Araujo), hanya satu kurang dari lawannya di pertandingan berikutnya, Darwin Núñez.

Prakiraan susunan pemain

Amerika Serikat (4-3-3): Horvath (kiper) — Scally, Richards, Ream, A. Robinson — Reyna, Musah, McKennie — Pulisic, Balogun, Wright.

Uruguay (4-2-3-1): Rochet (kiper) — Nandez, Gimenez, Olivera, Vina — Valverde, Betancur — Pellistri, Arrascaeta, M. Araujo — Suarez. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga