Copa America 2024: Hanya 10 Pemain Kolombia Tumbangkan Uruguay dan Lolos ke Final

Mustaqim, telisik indonesia
Kamis, 11 Juli 2024
0 dilihat
Copa America 2024: Hanya 10 Pemain Kolombia Tumbangkan Uruguay dan Lolos ke Final
Pemain Kolombia, Kevin Castano, merayakan kemenangan timnya atas Uruguay dalam semifinal Copa America 2024 di Charlotte, Kamis (11/7/2024) pagi WIB. Foto AP/Jacob Kupferman

" Kolombia dengan 10 pemain berhasil melaju ke final Copa America 2024 usai menumbangkan Uruguay 1-0 di semifinal yang dimainkan di Stadion Bank of America, Charlotte, Carolina Utara, pada Kamis (11/7/2024) pagi WIB "

NORTH CAROLINA, TELISIK.ID – Kolombia dengan 10 pemain berhasil melaju ke final Copa America 2024 usai menumbangkan Uruguay 1-0 di semifinal yang dimainkan di Stadion Bank of America, Charlotte, Carolina Utara, pada Kamis (11/7/2024) pagi WIB.

Gol tunggal Kolombia dicetak oleh Jefferson Lerma pada menit ke-39 lewat sundulan. Gol ini bertahan hingga akhir pertandingan meski tim asuhan Nestor Lorenzo bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua.  

Daniel Munoz dikeluarkan saat injury time babak pertama karena kartu kuning kedua yang diterimanya. Tetapi Kolombia bertahan untuk ke final pertama kalinya sejak memenangkan satu-satunya gelar Copa America sebagai tuan rumah pada tahun 2001.

Kolombia memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 28 pertandingan, satu pertandingan lebih banyak dari edisi 1992-1994 dan rentetan terpanjang saat ini.

Dalam pertandingan panas dan kontroversial itu, wasit Cesar Ramos asal Meksiko mengeluarkan tujuh kartu kuning dan satu kartu merah.

Baca Juga: Copa America 2024: Pemain Uruguay Bentrok dengan Suporter Usai Kalah dari Kolombia

Pemain kedua tim pun terlibat saling dorong di lapangan saat peluit akhir dan beberapa pemain pergi ke tribun untuk ribut dengan para pendukung.

Kolombia dan juara bertahan Argentina akan menentukan tim terbaik dalam turnamen Copa America 2024 lewat partai final yang dimainkan di Miami Gardens, Florida, pada Senin (15/7/2024) pagi WIB.

Lorenzo mengatakan duel timnya dengan Uruguay merupakan pertandingan yang sangat sulit. Dia menilai Uruguay tim yang luar biasa dengan pemain hebat dan pelatih Marcelo Bielsa yang dikaguminya.

“Tapi kami memimpin, risiko, dan kami bahkan berani. Ketika kami turun satu, kami mempertahankan dua striker dan itu adalah tindakan keberanian yang dihargai,” kata Lorenzo.

Menghadapi Argentina di final nanti, Lorenzo mengatakan akan menikmati pertandingan karena harus berhadapan dengan tim dari negara asalnya sendiri.

“Ini akan sangat bagus, saya akan (bersaing) dengan pemain yang saya temui selama karir saya dan yang sangat saya kagumi,” ujar mantan asisten pelatih Argentina itu.

Lorenzo berharap timnya harus bangkit dan tampil dengan cara terbaik.

“Kami berharap kami tidak mendapat kabar dari tim medis karena selalu ada pukulan dan rasa sakit yang harus diobati, tetapi saya pikir kami akan tiba dalam kondisi yang baik,” katanya.

Pelatih Uruguay, Marcelo Bielsa, mengatakan timnya memiliki lebih banyak pemain berbakat daripada Kolombia. Karena itu, dia mengaku menjadi orang yang bertanggung jawab atas kekalahan di semifinal.

Uruguay, juara 15 kali, telah menjadi salah satu favorit sebelum dimulainya Copa America 2024. Mereka mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat dan juara Piala Dunia lima kali Brasil dalam perjalanan ke semifinal turnamen ini.

“Saya pribadi bertanggung jawab karena tidak mencapai hasil, meskipun memiliki pemain-pemain yang mampu menjadi lebih unggul dari lawan. Kami tidak dapat merebut keunggulan pemain tambahan kami,” ujar Bielsa.

Uruguay memiliki sejumlah peluang untuk mencetak gol di babak pertama. Begitu juga di babak kedua setelah Munoz diganjar kartu merah oleh wasit.

Baca Juga: Watkins Rasakan Gatal di Kaki Sebelum Bawa Inggris ke Final

“Babak pertama, bahkan jika kami tidak mendominasi penguasaan bola, itu sangat seimbang, dan kami seharusnya membuat perbedaan. Dengan satu orang turun di babak kedua untuk Kolombia, pertandingan benar-benar terganggu,” tutur Bielsa.

Uruguay selanjutnya menghadapi Kanada di pertandingan playoff tempat ketiga pada hari Sabtu (14/7/2024).

Susunan pemain

Kolombia: Vargas; Mojica, Cuesta, Sánchez, Muñoz; Lerma; Ríos, Arias; Díaz, Córdoba, Rodríguez

Kartu: Muñoz (Merah untuk kuning ganda), Rodríguez (Kuning), Castaño (Kuning), Cuesta (Kuning)

Pelatih: Nestor Lorenzo

Uruguay: Rochet; Cáceres, Giménez, Olivera; Ugarte, Valverde, Bentancur; De La Cruz; Pellistri, Núñez, Araujo

Kartu: De La Cruz (Kuning), Varela (Kuning), Gimenez (Kuning)

Pelatih: Marcelo Bielsa. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga
_Hasync.push(['Histats.start', '1,4329427,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })();