Copa America 2024: Uruguay Singkirkan Amerika Serikat untuk Lolos ke Perempat Final

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 02 Juli 2024
0 dilihat
Copa America 2024: Uruguay Singkirkan Amerika Serikat untuk Lolos ke Perempat Final
Pemain AS, Christian Pulisic, bersitegang dengan wasit Kevin Ortega asal Peru saat timnya menghadapi Uruguay di pertandingan akhir penyisihan Grup C Copa America 2024. Foto: Repro AFP

" Tim nasional Amerika Serikat (AS) tersingkir dari Copa America 2024 di kandang sendiri dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup C setelah kalah 0-1 dari Uruguay "

KANSAS, TELISIK.ID - Tim nasional Amerika Serikat (AS) tersingkir dari Copa America 2024 di kandang sendiri dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup C setelah kalah 0-1 dari Uruguay di Stadion Arrowhead di Kansas City, Missouri, Selasa (2/7/2024) pagi WIB.

Mathías Olivera mencetak gol penentu untuk Uruguay pada menit ke-66. Gol ini sempat diprotes oleh para pemain AS karena dianggap offside. Namun wasit Kevin Ortega (Peru) tetap mensahkan gol tersebut setelah memeriksa lewat asisten video wasit.

Kekalahan ini menyakitkan bagi AS karena pesaing terdekatnya, Panama, menang 3-1 atas Bolivia. Panama dengan koleksi 6 poin berhak mendampingi Uruguay sebagai pemimpin klasemen grup untuk lolos ke perempat final. Sementara AS hanya mengumpulkan 3 poin.

Pertama dalam sejarah keikutsertaannya di turnamen Copa America, Timnas AS tersingkir dari babak penyisihan grup. Di Copa America sebelumnya yang juga diselenggarakan di AS, tim ini mencapai semifinal.

Menghadapi Uruguay yang sudah lebih dulu memastikan ke perempat final, AS tidak diperkuat Timothy Weah yang diskors akibat kartu merahnya yang diterimanya ketika melawan Panama.

Babak pertama yang didominasi Uruguay, AS kehilangan striker Folarin Balogun karena cedera yang kemudian digantikan oleh Ricardo Pepi.

Uruguay juga mengalami cedera di babak pertama ketika pemain sayap Maximiliano Araujo ditandu keluar lapangan karena sempat pingsan.

Baca Juga: Copa America 2024: Amerika Serikat Dihantui Tekanan Uruguay

Babak pertama diwarnai beberapa keputusan kontroversial wasit Kevin Ortega. Keputusan-keputusan  wasit berusia 32 tahun tersebut dipertanyakan oleh AS.

Pertama muncul ketika Ortega mulai menarik kartu kuning dan berhenti bermain. Dia kemudian membiarkannya berlanjut – sambil tetap memegang kartu – saat Uruguay hampir mencetak gol.

Keputusan kontroversial berikutnya datang ketika AS memiliki peluang mencetak gol setelah pemain Uruguay handball, tetapi wasit akhirnya meniup peluitnya dan memanggil kembali pemain untuk tendangan bebas.

Uruguay mulai menerapkan lebih banyak tekanan di pertengahan babak kedua dan mencetak gol ketika Nicolas de la Cruz mengayunkan tendangan bebas di depan gawang AS.

Matt Turner menangkis sundulan Ronald Araujo, yang melampaui bek Tim Ream, tetapi rebound mengarah tepat ke Olivera yang kemudian menendang bola dengan kaki kirinya.

Amerika berada dalam situasi putus asa setelah gol Olivera. Tim asuhan Gregg Berhalter ini terus berjuang untuk menciptakan peluang mencetak gol. Namun, hingga akhir pertandingan AS gagal untuk merebut poin penuh.

Copa America mewakili ujian terbesar bagi AS menjelang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 bersama Meksiko dan Kanada.

Baca Juga: Euro 2024: Turki Tantang Austria Bermain Terbuka

Uruguay melaju ke perempat final dan mereka akan melawan tempat kedua Grup D, yang akan ditentukan pemenangnya antara Brasil, Kolombia, dan Kosta Rika pada Rabu (3/7/2024) pagi pukul 08:00 WIB. Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB di Allegiant Stadium di Las Vegas, Nevada.

Susunan pemain

Uruguay: Sergio Rochet; Matias Vina, Mathias Olivera, Ronald Araujo, Nahitan Nandez; Fede Valverde, Manuel Ugarte; Maximiliano Araujo, Nicolas de la Cruz, Facundo Pellistri; Darwin Nunez

Pelatih: Marcelo Bielsa

Amerika Serikat: Matt Turner; Antonee Robinson, Tim Ream, Chris Richards, Joe Scally; Yunus Musah, Weston McKennie, Tyler Adams; Christian Pulisic, Folarin Balogun, Gio Reyna

Pelatih: Gregg Berhalter. (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga