COVID-19 Belum Ada Obatnya Sampai Sekarang

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 19 Maret 2020
0 dilihat
COVID-19 Belum Ada Obatnya Sampai Sekarang
Penjelasan Dinkes tentang pencegahan COVID-19. Foto: Ibnu Sina/Te

" Belum ada pengobatan sampai sekarang dan belum ada vaksinnya. Yang diobati adalah kalau dia batuk diberikan obat batuk, jika dia dia demam diberikan obat demam dan jika dia sesak diberikan obat sesak atau diberikan alat bantu pernafasan. "

KENDARI, TELISIK.ID - COVID-19 yang mulai menyerang Indonesia sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya. Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Hasnah, menyampaikan, belum ada pengobatan untuk penderita COVID-19.

"Belum ada pengobatan sampai sekarang dan belum ada vaksinnya. Yang diobati adalah kalau dia batuk diberikan obat batuk, jika dia dia demam diberikan obat demam dan jika dia sesak diberikan obat sesak atau diberikan alat bantu pernafasan," ungkap Andi Hasnah, Kamis (19/3/2020).

Baca Juga : Tangkal COVID-19, Bioskop Hollywood Tutup Sementara

Menanggulangi hal tersebut, Dinkes memiliki beberapa strategi pencegahan COVID-19.

"Yang perlu saya sampaikan disini yaitu memberikan pemahaman apa itu sebenarnya virus corona dan bagaimana cara awal untuk melawannya. Virus tersebut tidak akan terinfeksi sepanjang kita bisa cegah tidak masuk lewat mulut, hidung dan mata," tambah Andi Hasnah.

Andi Hasnah juga menyebutkan bahwa saat ini sudah ada penambahan laboratorium yang bisa memeriksa tenggorokan yakni 12 laboratorium. Terkhusus untuk wilayah Sulawesi, lab tersebut berada di Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Hadapi Corona, Pemkot Pastikan Stok Beras di Kendari Aman

Di Indonesia, saat ini sudah 172 kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19. Pemerintah pusat dan daerah bersama Dinkes terus berupaya melawan virus tersebut.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Rani

Baca Juga