COVID-19 Berhasil Ubah Cara Belanja Publik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 20 April 2020
0 dilihat
COVID-19 Berhasil Ubah Cara Belanja Publik
Pengunjung kios/mini market menggunakan masker dan penutup kepala (helm). Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Kalau ke toko, minimal antisipasinya pakai masker saja. Belanjanya pun sudah di-list sebelumnya supaya durasi di kios tidak terlalu lama. "

KENDARI, TELISIK.ID - Semenjak adanya pandemi COVID-19, kehidupan sosial banyak yang berubah. Seolah memaksa masyarakat melakukan adaptasi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya cara belanja. 

Karyawan swasta yang tinggal di Kelurahan Bende Kecamatan Kadia, Abu Fatih, kini mengurangi berbelanja kebutuhan pokok ke tempat ramai seperti di supermarket atau swalayan, kecuali barang yang dicarinya hanya ada di tempat perbelanjaan tersebut.

Dimana, kata dia, toko dan kios-kios dekat rumah yang menjadi pilihan utamanya, karena memudahkannya menjaga jarak aman (physical distancing).

"Kalau ke toko, minimal antisipasinya pakai masker saja. Belanjanya pun sudah di-list sebelumnya supaya durasi di kios tidak terlalu lama," katanya, Senin (20/4/2020). 

Bahkan, tambah dia, sesampainya di rumah, barang bawaannya sering kali disemprotkan disinfentan terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam rumah.

Perubahan cara belanja juga dilakukan salah seorang warga yang tinggal di Jalan Lepo-lepo, Ahar Abu Hafidz. Dimana, sepulang dari belanja, ia mengaku rajin melakukan sejumlah langkah pencegahan masuknya virus Corona.

Baca juga: Tiga Pembangunan Jembatan Penghubung Tak Rampung Akibat Pemotongan Anggaran

Misalnya saja, Ahar yang juga pelaku UKM ini, mengeluarkan semua barang belanjaannya dari tas belanja. Kemudian semua dijemur di depan rumah. 

"Habis belanja di luar, saya langsung masuk kamar mandi, cuci tangan dan kaki pakai sabun, bahkan kalau sempat mandi sekalian. Setelah itu, baru masukin belanjaan ke dalam rumah. Ini antisipasi untuk menjaga keluarga di rumah," kata dia.

Berdasarkan pantauan telisik.id, bukan hanya para pembeli saja yang melakukan pencegahan, tetapi sejumlah pemilik toko atau kios pun juga melakukan hal yang sama.

Cara yang dilakukannya yaitu, dengan menyediakan ember berisi air dan sabun untuk memfasilitasi para pengunjung untuk cuci tangan, baik saat baru datang maupun sehabis berbelanja.

Bahkan diantaranya juga, ada yang menyediakan alat pengukur suhu tubuh, dan kipas angin yang diisi dengan air disinfektan untuk disemprotkan kepada pengunjung toko.

 

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga