COVID-19 Meningkat Saat Lebaran, Varian Arcturus Muncul di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 25 April 2023
0 dilihat
COVID-19 Meningkat Saat Lebaran, Varian Arcturus Muncul di Jawa Timur
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membeberkan adanya peningkatan kasus COVID-19 saat lebaran tahun ini dan memastikan munculnya varian baru sudah muncul di Jawa Timur. Foto: Ist.

" Kasus COVID-19 di Jawa Timur kembali meningkat, oasalnya, hal itu disebabkan karena momentum libur lebaran yang memadati tempat wisata di provinsi tersebut "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kasus COVID-19 di Jawa Timur kembali meningkat, oasalnya, hal itu disebabkan karena momentum libur lebaran yang memadati tempat wisata di provinsi tersebut.

"Semua tetap menjaga protokol kesehatan, tetap bisa berwisata, pastikan yang gejala dan komorbid gunakan masker," ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (25/4/2023).

Mantan Mensos itu mengatakan, dari data nasional pukul 16.00 Wita yang dirilis 24 April 2023, ada peningkatan jumlah kasus di Jawa Timur sejak 12 April 2023, di mana penambahan kasus harian sebelumnya hanya 30-50 per hari, menjadi lebih dari 100 kasus per hari. Terakhir 24 April 2023 penambahan kasus COVID-19 sebanyak 119 kasus.

Baca Juga: Pastikan Bapok Aman, Satgas Pangan Polda Jawa Timur Terjun di Pasar Surabaya

Dilihat dari asesmen situasi pandemi COVID-19 di Indonesia per 24 April 2023, positivity rate di Jawa Timur mencapai 10,32 persen, mulai agak naik dari di atas ambang batas yang ditentukan WHO 5 persen. Meskipun demikian, rumah sakit masih relatif terkendali karena tingkat keterisian rumah sakit atau BOR masih berada di ambang memadai yaitu 6,29 persen dari 30 Maret hingga 19 April 2023.

"Tentu kami semua tidak ingin keadaan kembali memburuk, karena semua usaha telah dilakukan untuk bangkit dari COVID-19,” katanya.

Khofifah menjelaskan terkonfirmasi terjadi penambahan 119 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dari 697 kasus aktif, sehingga kasus kumulatif COVID-19 di Jawa Timur mencapai 641.307.

“Kemarin ada 119 kasus COVID-19 baru yang terkonfirmasi di Jawa Timur. Selain itu, dilaporkan terdapat dua varian Arcturus yang ditemukan. Meskipun demikian, saya harap semua tetap tenang, karena kebanyakan kasus baru yang sudah divaksin booster gejalanya ringan. Oleh karena itu tidak perlu panik, tetapi saya imbau vaksinasi booster lebih dikuatkan kembali,” jelasnya .

Baca Juga: PDI Perjuangan Resmi Usung Capres, Ini Daerah Jawa Timur Berpeluang Dimenangkan Ganjar

Muncul sub varian baru COVID-19 bernama Arcturus yang perlu diwaspadai masyarakat dengan bijak.

Di Indonesia, Kementerian Kesehatan menyatakan, varian COVID-19 Arcturus sudah masuk ke Indonesia. Pernyataan otoritas kesehatan itu mengacu pada hasil penelusuran genome squencing per akhir Maret 2023.

"Sampai saat ini sudah ada dua kasus (varian COVID-19 Arcturus) yang ditemukan," demikian kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril beberapa waktu lalu. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga