COVID-19 Paksa Pelaku Usaha Melek Media Sosial

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 19 April 2020
0 dilihat
COVID-19 Paksa Pelaku Usaha Melek Media Sosial
Belanja di media sosial. Foto: tribunnews.com

" Memang saat ini yang efektif untuk jualan adalah di media sosial, karena meski warga tetap tetap berada di rumah tapi bisa melihat dan membeli jualan kita. "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski wabah COVID-19 seolah memaksa warung-warung harus tutup, tetapi para pelaku usaha tak putus asa. Mereka pun mengais rezeki melalui media sosial untuk menjajakan jualannya.

Pantauan telisik.id, aktivitas jual beli secara online sudah lama dilakukan, namun sejak mewabahnya COVID-19 pada bulan Januari lalu bisnis online kini mengalami peningkatan.

Sosial media belakangan ini dipenuhi dengan berbagai macam barang dagangan yang diperjualbelikan, salah satunya makanan, dari makanan ringan hingga yang berat.

"Iya, kebanyakan orang termasuk saya sendiri saat ini membuka media sosial, lebih pada untuk mencari barang atau makanan yang dibutuhkan. Ini wajar saja, karena masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah sejak adanya virus Corona, termasuk untuk membeli sesuatu," kata salah seorang penggiat barang online, Sri Sulastri, Minggu (19/4/2020).

Baca juga: Rapid Tes, Satu Warga Konsel Positif COVID-19

Dimana, tambah dia, yang dulunya kebanyakan makanan ringan saja yang dijual, namun semakin ke sini makanan berat pun juga tersedia di media sosial, terutama di Facebook yang menyediakan khusus forum jual beli.

Senada dengan itu, salah satu pelaku usaha online, Aharuddin juga membenarkan hal tersebut. Pasalnya, kata dia, masyarakat saat ini mengurangi aktivitasnya di luar rumah, termasuk mendatangi warung-warung.

Olehnya itu, lanjut dia, para pelaku usaha agar bisa tetap mendatangkan omset selama pandemi COVID-19 ini, mereka beralih pada jualan online.

"Memang saat ini yang efektif untuk jualan adalah di media sosial, karena meski warga tetap tetap berada di rumah tapi bisa melihat dan membeli jualan kita," ungkapnya.

 

Reporter: Fitrah Nugraha 

Editor: Sumarlin

Baca Juga