COVID-19, Rumah Makan Rugi Hingga Ratusan Juta

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 April 2020
0 dilihat
COVID-19, Rumah Makan Rugi Hingga Ratusan Juta
Peringatan rumah makan tutup. Foto: auramedia.co

" Kami sudah tutup sejak Maret lalu, sedangkan masih banyak yang harus dibayar seperti penyewaan ruko, pajak dan sebagainya. Maka diprediksi kerugian menyentuh ratusan juta. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pandemi COVID-19 telah banyak memberikan dampak negatif berbagai lini kehidupan masyarakat, termasuk pelaku usaha rumah makan yang mengalami kerugian hingga ratusan juta.

Seperti yang dialami pemilik Rumah Makan Sajian Sulawesi, La Ode Munafar. Dimana, kerugian yang dialami usaha rumah makannya menyentuh angka ratusan juta rupiah.

Pasalnya, kata dia, usahanya ia tutup sejak diumumkan tanggal 20 Maret lalu dimana saat itu ada yang dinyatakan positif COVID-19 di Kendari. Saat ini pun pihaknya masih menutup aktivitas rumah makan Sajian Sulawesi, yang terletak di daerah Anduonohu.

"Kami sudah tutup sejak Maret lalu, sedangkan masih banyak yang harus dibayar seperti penyewaan ruko, pajak dan sebagainya. Maka diprediksi kerugian menyentuh ratusan juta," katanya, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: 56 Desa Bermaslah, Pencairan Dana Desa di Konawe Terhambat

Ia mengaku, menutup warungnya sejak awal diumumkannya pasien positif COVID-19 ini, karena ini bukan soal untung rugi saja, tapi mengambil peran bersama untuk mengurangi penyebaran virus Corona di masyarakat Sultra.

Memang, lanjut dia, secara materi bisa rugi ratusan juta, tapi kesehatan masyarakat tentu tak bisa dinilai dengan materi.

"Saat ini kami belum ada alternatif, saat ini kami lebih pada bersabar saja dulu, sebab ini juga bagian dari resiko bisnis," lanjutnya.

Ia berharap, pemerintah juga perlu serius dalam penanganan wabah ini, dan informasi harus juga disampaikan terbuka agar masyarakat tidak menduga-duga.

"Semoga wabah ini segera diangkat oleh Allah", tutupnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Baca Juga