COVID-19 Sudah Sampai ke Gunung Everest

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 23 April 2021
0 dilihat
COVID-19 Sudah Sampai ke Gunung Everest
Gunung Everest. Foto: Repro BBC.com

" Diagnosis saya adalah COVID-19. "

NEPAL, TELISIK.ID - COVID-19 dilaporkan telah sampai ke Gunung Everest setelah seorang pendaki asal Norwegia dinyatakan positif terinfeksi saat pendakian.

Satu kasus COVID-19 di Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia ini memupuskan harapan otoritas Nepal untuk menyukseskan musim pendakian tahun ini.

Seperti dilansir AFP, Jumat (23/4/2021), pandemi COVID-19 menghancurkan musim pendakian tahun lalu, namun otoritas Nepal telah meredakan aturan karantina dalam upaya menarik lebih banyak pendaki meskipun ada kesulitan untuk merawat mereka jika ada yang terinfeksi.

"Diagnosis saya adalah COVID-19," tutur Erlend Ness kepada AFP via pesan Facebook pada Kamis (22/4/2021) waktu setempat.

"Saya baik-baik saya sekarang... Rumah sakit sedang merawat saya," imbuhnya.

Baca juga: Saudi Arabia Kembali Buka Penerbangan, Indonesia Masih Dikecualikan

Ness dievakuasi dari lereng Gunung Everest dengan helikopter dan dibawa ke sebuah rumah sakit di Kathmandu, Nepal, setelah menghabiskan waktu di base camp Everest. Tidak diketahui pasti kronologi Ness tertular COVID-19.

Televisi Norwegia, NRK, yang mewawancarainya, melaporkan bahwa salah satu sherpa atau pemandu tim pendakian Ness juga dinyatakan positif COVID-19.

"Saya sungguh berharap agar tidak ada orang lain yang terinfeksi COVID-19 di ketinggian gunung ini. Mustahil untuk mengevakuasi orang-orang dengan sebuah helikopter ketika mereka berada di ketinggian 8.000 meter," ucapnya, dilansir detik.com, merujuk pada ketinggian Gunung Everest yang mencapai sekitar 8.848 meter.

Diketahui bahwa bernapas sulit dilakukan di ketinggian yang sangat tinggi, sehingga wabah penyakit apapun di kalangan pendaki memicu risiko kesehatan besar.

Secara terpisah, sebuah rumah sakit di Kathmandu mengonfirmasi tengah merawat beberapa pasien dari Everest yang terinfeksi COVID-19, namun jumlahnya tidak bisa disebutkan ke publik.

"Saya tidak bisa memberikan informasi detail, tapi beberapa orang yang dievakuasi dari Everest telah dinyatakan positif," tutur Direktur Medis pada Rumah Sakit CIWEC di Kathmandu, Prativa Pandey, kepada AFP. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga