Cuaca Ekstrem Buat Rusak 324 Rumah di Kota Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Cuaca Ekstrem Buat Rusak 324 Rumah di Kota Kendari
Tampak sebuah rumah di Kota Kendari rusak parah akibat cuaca ekstrem. Foto: Ist.

" Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari langsung melakukan pendataan terhadap korban dan warga yang terkena dampak dari musibah tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Sempat dilanda cuaca ekstrem pada Minggu 5 Maret 2023 waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari langsung melakukan pendataan terhadap korban dan warga yang terkena dampak dari musibah tersebut.

Sekretaris Kota Kendari, Ridwansyah Taridala menyebut jika pemkot sudah mendata nama dan kerusakan yang telah terjadi. Selain itu, pemkot telah menetapkan tanggap darurat selama tujuh hari ke depan terhitung sejak Senin, 6 Maret 2023.

"Hasil rapat kemarin sudah disepakati dari jajaran Forkopimda, PLN, BMKG, Basarnas, OPD, camat dan lurah yang dipimpin oleh wali kota secara langsung melalui zoom," tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/3/2023).

Ia menambahkan, beberapa titik wilayah yang terkena dampak langsung dilakukan evakuasi, terutama pada fasilitas umum seperti jalan raya. Selain itu, korban meninggal dunia akibat dari cuaca ekstrem juga telah dikebumikan dan telah mendapatkan santunan.

Baca Juga: Tiang Listrik Ambruk Timpa Rumah Makan Bebek Sakti

Jumlah korban yang Telisik.id peroleh dari Kabag Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Kendari menyebutkan, sekira 324 rumah rusak, baik yang tertimpa pohon maupun tertiup angin kencang.

Rumah rusak ini tersebar di 11 kecamatan yang terdiri dari rumah rusak ringan, sedang dan berat. Rumah rusak terbanyak sebanyak 73 unit berada di Kecamatan Mandonga, disusul Puuwatu sebanyak 68 unit dan Kadia 47 unit.

Baca Juga: Tak Berharap ke Pemerintah, Warga Evakuasi Sendiri Pohon Tumbang di Lingkungan Tempat Tinggal

Sedangkan yang terendah berada di Kecamatan Baruga dan Kendari sebanyak 2 unit serta Kecamatan Kambu sebanyak 5 unit. Sementara itu, sebanyak 58 fasilitas publik yang rusak akibat dari cuaca ekstrem.

Di antaranya, SDN 46 Kendari, Kantor Lurah Kemaraya, Kantor Lurah Lahundape, Kantor Camat Kadia, serta sejumlah tiang listrik yang roboh juga pohon yang menghalangi jalan. Selain korban harta, terdapat satu korban meninggal dunia akibat tertimpa pohon tumbang. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga