Cuaca Ekstrim, Dishub Bersama Tim Terpadu Cek Kelengkapan Kapal

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 09 Januari 2020
0 dilihat
Cuaca Ekstrim, Dishub Bersama Tim Terpadu Cek Kelengkapan Kapal
Kadishub Muna, La Ode Nifaki Toe memeriksa alat keselamatan kapal. Foto : Naryo/Telisik

" Kita tidak main-main. Karena ini menyangkut keselamatan pelayaran. "

MUNA, TELISIK.ID- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, cuaca ekstrim akan terjadi antara Januari hingga Maret mendatang. Oleh karenanya trasnportasi laut diminta selalu berwaspada.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muna bersama tim terpadu dari Syahbandar, KPPP, Pol Airud dan Jasa Raharja pun tidak tinggal diam. Tim melakukan pengecekan terhadap kapal-kapal angkutan penumpang dan barang di pelabuhan rakyat Laino, Kamis (9/1/2020). Satu persatu mulai dari surat izin berlayar, Surat Kecakapan Kapal (SKK), kelengkapan keselamatan penumpang (life jacket) dan jasa raharja penumpang tak luput dari pemeriksaan. Rata-rata yang ditemukan, kapal tidak memiliki jasa raharja dan life jacketnya sudah tidak layak.

Kadishub, La Ode Nifaki Toe pun mewarning para pemilik jasa pelayaran itu agar segera melengkapinya selama seminggu. Bila, kembali ditemukan, pihaknya akan memberi sanksi tegas berupa pencabutan izin berlayar.

"Kita tidak main-main. Karena ini menyangkut keselamatan pelayaran," tegas Nifaki.

Baca Juga: Panitia Pilwawali Resmi Dibentuk, Ini Susunannya

Mengingat kondisi cuaca yang kurang bersahabat, pihaknya akan rutin mengontrol trasnportasi laut. Ia juga menghimbau para nelayan dan pengguna jasa laut untuk selalu waspada.

Reporter : Naryo
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga