Daftar di KPU, Balon Bupati Muna Barat La Ode Darwin-Ali Basa Jalan Kaki Bersama Pendukung dan Simpatisan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 29 Agustus 2024
0 dilihat
Daftar di KPU, Balon Bupati Muna Barat La Ode Darwin-Ali Basa Jalan Kaki Bersama Pendukung dan Simpatisan
Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat La Ode Darwin-Ali Basa saat akan mendaftar di KPU. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Diantarkan oleh sejumlah pendukung dan simpatisan, bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat, La Ode Darwin-Ali Basa, resmi mendaftar di KPU Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Diantarkan oleh sejumlah pendukung dan simpatisan, bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat, La Ode Darwin-Ali Basa, resmi mendaftar di KPU Muna Barat, Kamis (29/8/2024).

Pantauan Telisik.id, sebelum pendaftaran dilakukan di KPU Muna Barat, pendukung dan simpatisan berkumpul di Lapangan Guali, Kecamatan Kusambi. Kemudian La Ode Darwin-Ali Basa melakukan deklarasi, serta menuju KPU Muna Barat dengan berjalan kaki bersama pendukung dan simpatisan.

Saat sampai di pelataran KPU Muna Barat, La Ode Darwin-Ali Basa disambut dengan tari-tarian, kemudian mereka melakukan registrasi pendaftaran.

LO pasangan La Ode Darwin-Ali Basa, Alirun mengatakan, mereka telah menyerahkan dokumen pendaftaran ke KPU Muna Barat.

Baca Juga: Empat Bapaslon Bupati-Wabup Muna Jadwalkan Mendaftar di KPU Hari Terakhir

Sebelumnya, Ketua KPU Muna Barat, La Tajudin mengatakan, proses penerimaan pendaftaran mengacu pada Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2024 dan keputusan KPU tentang juknis penerimaan pendaftaran calon yakni proses pendaftaran dimulai dengan dilakukannya penjemputan balon kepala daerah oleh KPU, kemudian diarahkan ke meja registrasi.

"Kemudian setelah registrasi, bapaslon dipersilakan menempati posisi yang telah disiapkan serta dilakukan penyerahan dokumen baik dokumen persyaratan pencalonan maupun dokumen syarat calon," ujarnya.

Baca Juga: Mantan Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam Lepas Istri dan Anaknya Mendaftar di KPU

Selanjutnya, dokumen tersebut kemudian diserahkan ke tim verifikasi untuk dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen serta tim verifikasi kemudian menyampaikan kelengkapan dokumen tersebut.

Bagi balon kepala daerah yang dokumennya dinyatakan lengkap, selanjutnya KPU akan menyerahkan surat pengantar pemeriksaan kesehatan. Namun bagi yang dokumennya dinyatakan belum lengkap, maka dokumen tersebut dikembalikan untuk dilengkapi di masa pendaftaran.

Proses selanjutnya, KPU akan mempersilakan perwakilan partai politik untuk menyampaikan beberapa hal atau sambutan. Setelah itu bapaslon juga menyampaikan beberapa hal atau sambutan sebelum kemudian diarahkan menuju tempat konferensi pers. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga