Daftar ke KPU Bareng Prabowo, Gibran Puasa Bicara Hingga Pulang

Mustaqim, telisik indonesia
Rabu, 25 Oktober 2023
0 dilihat
Daftar ke KPU Bareng Prabowo, Gibran Puasa Bicara Hingga Pulang
Gibran Rakabuming Raka melambaikan tangan dan menolak menjawab pertanyaan para wartawan usai mendaftar di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

" Bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, akhirnya mendaftar ke KPU RI, Rabu (25/10/2023). Pasangan yang diusung gabungan partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu tiba di KPU pukul 11:20 WIB "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, akhirnya mendaftar ke KPU RI, Rabu (25/10/2023). Pasangan yang diusung gabungan partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu tiba di KPU pukul 11:20 WIB.

Sebelum tiba di KPU RI, pagi hari Prabowo-Gibran melakukan deklarasi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Deklarasi dihadiri para kader parpol pendukung, relawan dan simpatisan.

Usai di GBK, Prabowo-Gibran melakukan kirab budaya menuju KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Memasuki Jalan Imam Bonjol, Prabowo-Gibran sudah disambut ribuan massanya.

Baca Juga: Dikabarkan Mundur dari Kabinet, Luhut Kirim Pesan Khusus ke Golkar

Iring-iringan mobil mengantar bapaslon presiden-wakil presiden ini. Tiga unit mobil jeep membawa rombongan memasuki areal kantor KPU RI.

Mobil pertama ditumpangi oleh Prabowo-Gibran. Mobil kedua adalah para ketua umum parpol di KIM. Sedangkan mobil ketiga berisi putra tunggal Prabowo, Didit Hediprasetyo, bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia dan putra SBY,  Ibas Yudhoyono.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mewakil ketua umum parpol koalisi, mengatakan yakin pasangan Prabowo-Gibran mampu melanjutkan pembangunan Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Indonesia ke depan penuh tantangan, namun dengan pembangunan yang berbasis politik yang stabil, kami yakin Prabowo-Gibran bisa mengantarkan bangsa dan negara ke arah yang lebih baik," ujarnya, di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Airlangga menyadari persaingan ketat akan terjadi antar kontestan dalam Pemilu 2024. Namun, dia percaya KPU akan menyelenggarakan Pemilu yang transparan, berintegritas dan adil.

"Kami berharap jadikan Pemilu 2024 sebagai ajang adu gagasan," harap Airlangga.

Prabowo yang menjadi kontestan Pilpres keempat kalinya sejak 2009, 2014, 2019, dan 2024, merasa sangat yakin dengan keikutsertaannya kali ini.

Prabowo pada beberapa kesempatan selalu menyampaikan akan melanjutkan prestasi yang sudah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Karena itu, dia berkomitmen mengikuti semua tahapan Pemilu 2024 dengan baik.

"Kami akan mengikuti semua proses dengan membawa program kita, visi misi kita, untuk membawa Indonesia negara yang maju dan makmur," ungkap Prabowo.

Pasangan Prabowo-Gibran menyatakan sudah menyerahkan semua dokumen yang disyaratkan. Dokumen-dokumen tersebut telah diupload lewat Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang disediakan oleh KPU.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, mengingatkan bahwa yang menjadi ukuran bagi KPU adalah apakah dokumen yang diserahkan lengkap atau belum.

"Namun, setelah petugas kami memerika seluruh dokumen yang disyaratkan, dokumen (bapaslon Prabowo-Gibran) dinyatakan lengkap," jelas Hasyim.

Penjelasan Hasyim ini kemudian disambut gembira Prabowo-Gibran, para ketua umum parpol pengusung, dan massa pendukungnya.

Usai dinyatakan dokumem lengkap, Prabowo-Gibran dipersilakan memberikan keterangan pers kepada para wartawan di halaman depan kantor KPU.

Hal menarik terlihat saat konferensi pers. Prabowo tampak hanya memberi keterangan tanpa tanya jawab. Sementara Gibran tidak berada dalam posisi sejajar dengan Prabowo. Dia berada sekitar dua langkah di belakang Prabowo.

Gibran pun tidak diberi kesempatan berbicara. Wartawan yang mendesak agar Gibran memberi keterangan tetap melakukan puasa bicara.

Baca Juga: Jokowi Segera Lantik Mentan Pengganti SYL dan Kepala Staf Angkatan Darat Baru

"Mas Gibran mohon komentarnya, dong. Ayo Mas Gibran," desak para wartawan.

Para wartawan yang terus mendesak hingga mendekat agar mau berkomentar, putra sulung Jokowi itu tetap bungkam. Dia tak menghiraukan pertanyaan-pertanyaan para wartawan hingga meninggalkan kantor KPU bersama Prabowo dan rombongan.

Bapaslon Prabowo-Gibran selanjutnya akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Kamis (26/10/2023).

Pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora dan Partai Garuda. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga