Daftar Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 11 Agustus 2023
0 dilihat
Daftar Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
Negara tirai bambu, China dinobatkan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Foto: Repro Sulteng.kemendikbud.go.id

" Finlandia merupakan salah satu negara Skandinavia yang dinobatkan sebagai negara dengan pendidikan terbaik "

KENDARI, TELISIK.ID - Sistem pendidikan sangat penting bagi suatu negara, hal ini juga yang menjadi indikator seberapa baik sumber daya manusia di dalamnya. Ada sejumlah negara yang unggul dalam sistem pendidikan.

Dilansir dari Medcom.id dan Kompas.com, berikut daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

1. Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara Skandinavia yang dinobatkan sebagai negara dengan pendidikan terbaik. Menurut PISA (Programme for International Assessment), generasi muda di Finlandia memiliki kemampuan membaca yang tinggi atau generasi literat.

Berbeda dengan Indonesia, lamanya waktu untuk sekolah di Finlandia hanya 5 jam sehari. Selain karena pendeknya durasi sekolah, siswa di Finlandia juga tidak pernah dibebani dengan pekerjaan rumah menumpuk.

Tidak hanya itu, Finlandia juga membebaskan siswa mengikuti beragam ekskul sehinga setiap murid dapat menuangkan hobi maupun bakat masing-masing. Dilansir dari situs fmipa.unj.ac.id, Finlandia menjadi satu-satunya negara di mana siswanya memiliki kemampuan literasi dan tingkat harapan hidup tinggi.

Baca Juga: Pendidikan Finlandia Jadi Terbaik di Dunia: Belajar Sehari 3 Jam, Tak Ada PR dan Ujian

Hal tersebut dikarenakan Finlandia memiliki kehidupan seimbang antara sekolah dan kegiatan sehari-hari.

2. Amerika Serikat

Melansir akun Instagram @titiknolenglish, sistem pendidikan di Amerika Serikat dikenal dengan pembelajaran praktis dan menawarkan berbagai pilihan pendidikan pelajar internasional. Amerika Serikat sering dijadikan kiblat kurikulum pendidikan bagi negara lain karena kualitasnya.

Menurut National Center for Education, 70 persen lulusan SMA di Amerika Serikat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tidak hanya itu, tiga besar universitas terbaik di dunia juga berada di negara ini, yaitu MIT, Universitas Harvard, dan Universitas Stanford.

3. United Kingdom

Negara lainnya yang punya sistem pendidikan terbaik di dunia yang selanjutnya adalah Inggris. Inggris merupakan salah satu negara terbaik dengan sejumlah universitas terkemuka dan berkualitas. Gelar dan program pendidikan di Inggris populer dan diterima di seluruh dunia.

4. Australia

Australia merupakan negara yang terkenal akan kualitas pendidikan yang sangat baik dan profesional. Siswa di Australia tidak dibebani dengan mata pelajaran yang nantinya tidak berkaitan dengan jenjang karier.

Baca Juga: Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Finlandia Dinobatkan Negara Paling Bahagia

Siswa SMA di Australia hanya diwajibkan mengambil 6 sampai 7 mata pelajaran setiap semester. Mata pelajaran yang dipilih harus disesuaikan dengan rencana kelulusannya.

5. Swedia

Sistem pendidikan di Swedia menekankan pada kerja kelompok yang membuatnya berbeda dari sistem pendidikan di negara lain. Sistem pendidikan di Swedia ini lebih menekankan minat akademik dibandingkan dengan pencapaian nilai.

6. China

China merupakan negara gurun di Asia Timur yang memiliki kualitas pendidikan tak kalah dengan dunia barat. Sistem pendidikan di negara ini dirancang membentuk individu yang cakap, baik secara intelektual, maupun fisik.

Dengan demikian setiap siswa bisa profesional di bidangnya masing-masing. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga