Daftar Pembalap MotoGP Dunia Pernah Naik Podium di Sirkuit Sentul dan Mandalika

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 25 September 2024
0 dilihat
Daftar Pembalap MotoGP Dunia Pernah Naik Podium di Sirkuit Sentul dan Mandalika
MotoGP di Indonesia selalu menghadirkan cerita menarik dari para juara yang berhasil naik podium. Foto: Repro alurnews.com

" Empat pembalap dari berbagai negara telah merasakan kejayaan di podium MotoGP yang digelar di Indonesia. Ajang balapan motor paling bergengsi ini pertama kali diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, pada tahun 1996 dan 1997 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Empat pembalap dari berbagai negara telah merasakan kejayaan di podium MotoGP yang digelar di Indonesia. Ajang balapan motor paling bergengsi ini pertama kali diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, pada tahun 1996 dan 1997.

Setelah lebih dari dua dekade absen, MotoGP kembali digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, sejak tahun 2022 dan 2023. Masing-masing balapan ini menjadi saksi kemenangan bagi para pembalap dari Australia, Asia, dan Eropa.

Mengutip CNN Indonesia, Rabu (25/9/2024), pada 1996, pembalap Australia, Mick Doohan, meraih podium tertinggi di Sirkuit Sentul. Setahun kemudian, giliran pembalap Jepang, Tadayuki Okada, yang memenangkan balapan terakhir di Sentul.

Dua dekade kemudian, pada 2022, Miguel Oliveira dari Portugal berhasil menjuarai balapan di Mandalika. Di tahun 2023, Francesco Bagnaia dari Italia mengulang sejarah kemenangan di sirkuit yang sama.

MotoGP Indonesia memang selalu menghadirkan kejutan menarik, mulai dari dominasi tim Repsol Honda di Sentul hingga kemenangan dramatis di Mandalika.

Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 2024, Race Dimulai Siang Akhir Pekan Ini

Telisikers, berikut ini adalah daftar lengkap para juara MotoGP yang pernah naik podium di Indonesia:

1. MotoGP 1996 di Sirkuit Sentul (Mick Doohan)

Balapan MotoGP di Indonesia pada tahun 1996 menjadi momen bersejarah bagi Mick Doohan. Pembalap asal Australia ini berhasil merebut podium tertinggi di Sirkuit Sentul, setelah menyelesaikan 30 lap dalam waktu 43 menit 50,798 detik.

Kemenangan Doohan sekaligus menjadi awal dominasinya di musim 1996. Pembalap dari tim Repsol Honda ini berhasil unggul atas Alex Barros dan Loris Capirossi yang menempati posisi kedua dan ketiga.

2. MotoGP 1997 di Sirkuit Sentul (Tadayuki Okada)

Tadayuki Okada mencatat kemenangan di balapan terakhir yang digelar di Sirkuit Sentul pada tahun 1997. Pembalap Jepang ini berhasil mengalahkan rekan setimnya, Mick Doohan, yang finis di posisi kedua.

Dengan catatan waktu 43 menit 22,010 detik, Okada hanya unggul tipis 0,069 detik dari Doohan. Alex Criville melengkapi podium dengan finis di posisi ketiga. Ketiga pembalap yang naik podium ini berasal dari tim Repsol YPF Honda.

Baca Juga: Begini Syarat Penukaran Tiket untuk Nonton Langsung MotoGP Mandalika 2024

3. MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika (Miguel Oliveira)

MotoGP Indonesia kembali digelar setelah absen selama 25 tahun di Sirkuit Pertamina Mandalika pada tahun 2022. Miguel Oliveira, pembalap asal Portugal dari tim Red Bull KTM, tampil sebagai juara dalam kondisi lintasan basah akibat hujan deras.

Dengan jumlah lap yang dikurangi menjadi 20, Oliveira menunjukkan kemampuannya menguasai balapan dari awal hingga akhir. Dia berhasil mengalahkan Fabio Quartararo dan Johann Zarco yang berada di posisi kedua dan ketiga.

4. MotoGP 2023 di Sirkuit Pertamina Mandalika (Francesco Bagnaia)

Francesco Bagnaia dari tim Ducati berhasil memenangkan MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika. Kemenangan Bagnaia diraih setelah memulai balapan dari posisi ke-13, dan mengambil alih pimpinan setelah Jorge Martin terjatuh di tengah balapan.

Bagnaia sukses mengatasi tekanan dari Maverick Vinales dan Fabio Quartararo hingga finis. Kemenangan ini sangat penting bagi Bagnaia, yang kembali memimpin klasemen MotoGP 2023. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga