adplus-dvertising

Daftar Pemimpin Wanita Paling Terkenal di Dunia, Ada dari Indonesia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 03 Januari 2022
1173 dilihat
Daftar Pemimpin Wanita Paling Terkenal di Dunia, Ada dari Indonesia
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. Foto: Womanblitz

" Siapa bilang hanya pria yang bisa memimpin, ternyata deretan wanita ini sukses jadi pemimpin dan dikenal dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa bilang hanya pria yang bisa memimpin, ternyata deretan wanita ini sukses jadi pemimpin dan dikenal dunia.

Sebelumnya ada beberapa pemimpin wanita  yang namanya masih terus diingat sampai saat ini, sebut saja Cleopatra, Indira Gandhi, sampai Margaret Thatcher. Untuk lebih jelasnya mengenai siapa saja pemimpin wanta paling terkenal di dunia, berikut daftarnya dilansir kelaspintar.id:

1. Jacinda Ardern


Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. Foto: Womanblitz

 

Jacinda Kate Laurell Ardern adalah Perdana Menteri ke-40 Selandia Baru. Dia naik ke puncak pimpinan pada usia yang cukup muda, yakni 38 tahun. Ini menjadikannya pemimpin wanita termuda di dunia dan PM termuda Selandia Baru dalam 150 tahun.

Namanya makin melambung ketika dia menetapkan norma baru ketika seorang ibu melahirkan. Ibu melahirkan bisa mengambil cuti hamil enam minggu. Ketangguhan Ardern sebagai pemimpin juga dibuktikan ketika ia berhasil mengatasi pandemi COVID-19 di Selandia Baru. Ia menerima pujian dunia atas kemampuannya menekan angka kasus.

Baca Juga: Pulau Gorgona, Tempat Politisi Korup Dibuang yang Dipenuhi Ular

2. Kamala Harris

Wakil Presiden Amerika, Kamala Harris. Foto: AFP

 

Sosok Kamala Harris sempat fenomenal di dunia sejak dia menjadi Wakil Presiden wanita kulit hitam pertama sepanjang sejarah AS. Karier politik Harries di AS sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak lama.

Di 2010, Harris  pernah menjadi wanita pertama dan orang Afrika-Amerika pertama yang menjabat sebagai Jaksa Agung di California. Selain itu di 2016, wanita pecinta Converse ini juga menjadi wanita India-Amerika pertama yang terpilih dan menduduki posisi senat di AS pada 2016.

3. Megawati Soekarnoputri

Presiden Indonesia ke-5, Megawati. Foto: Sekretariat Presiden

 

Siapa yang tak mengenal Megawati? Dikenal sebagai sosok perempuan kuat dalam dunia politik Indonesia, putri sulung Soekarno ini memulai kariernya sebagai Ketua umum PDI.  Karier politik Mega makin menguat saat dia menjadi Wakil Presiden Indonesia ke-8 bersama Gus Dur.

Baca Juga: Deretan Negara yang Dikenal Ramah pada Orang Asing, Nomor 2 Bikin Bangga

Tak sampai lima tahun, statusnya naik menjadi Presiden RI ke-5. Hal ini secara tidak langsung menjadikannya Presiden wanita pertama di Indonesia.

4. Angela Merkel

Kanselir Jerman, Angela Markel. Foto: AFP

 

Dilansir Jurnalsoreang, Angela Dorothea Merkel atau Angela Merkel menjadi Kanselir wanita pertama di Jerman pada 2005. Saat ini dia menjalani masa jabatan keempatnya.

Pada November 2018, Merkel mengundurkan diri sebagai pemimpin Uni Demokratik Kristen dan mengumumkan dia tidak akan mengajukan diri sebagai kanselir pada 2021.

5. Samia Suluhu Hassan

Presiden Tanzania, Samia Suluhu. Foto: goldenwomen.org

 

Samia Suluhu Hassan adalah seorang politikus yang menjabat Presiden Tanzania sejak 19 Maret 2021. Sebelum menjabat sebagai presiden, Hassan menjabat sebagai Wakil Presiden Tanzania sejak 2015. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga