Dahsyatnya Keutamaan Membaca Basmalah yang Perlu Anda Ketahui

Irawati, telisik indonesia
Senin, 29 November 2021
0 dilihat
Dahsyatnya Keutamaan Membaca Basmalah yang Perlu Anda Ketahui
Membaca basmalah sebelum memulai aktivitas apapun, agar apa yang dikerjakan menjadi berkah. Foto: Repro okezone.com

" Sebagai umat Islam, kita tentu terbiasa membaca basmalah ketika akan melakukan sesuatu atau sebelum membaca doa tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai umat Islam, kita tentu terbiasa membaca basmalah ketika akan melakukan sesuatu atau sebelum membaca doa tertentu.

Ternyata, lafal bismillah ini memiliki banyak keutamaan dan bahkan banyak disebutkan dalam firman Allah SWT melalui ayat-ayat Al-Qur'an. Hal inilah yang membuat umat Muslim wajib membaca bismillah sebelum memulai aktivitas.

Dalam HR. Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda, “Jibril ketika datang kepadaku yang pertama kali diucapkannya dan diberikan kepadaku adalah kata "Bismillahirrahmaanirrahiim.”

Artinya, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Mengutip kumparan.com dari buku Manfaat Dahsyat Zikir Asmaul Husna karya Syaifurrahman El-Fati dan Ardiansya (2016:185), keutamaan membaca basmalah adalah:

1. Sebagai Pembatas dengan Setan

Rasulullah SAW bersabda dalam HR. Al-Khatib, “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan "Bismillahirrahmaanirrahiim," maka amalan tersebut terputus berkahnya.” Dengan mengucap bismillah, maka setan tidak akan mengganggu aktivitas yang Anda kerjakan.

2. Melindungi Diri Ketika Tidur

Salah satu keistimewaan bismillah yang disampaikan oleh Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi adalah dapat melindungi diri ketika tidur, seperti kemalingan, gangguan setan, mati mendadak, dan berbagai bencana lainnya.

3. Mencegah dari Musibah dan Bencana

Dalam HR. Imam Nawawi, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah berkata kepada Ali bin Abi Thalib:

"Wahai Ali, maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?" Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, "Jika, menghadapi petaka maka ucapkanlah:

"Bismililahirrahmanirrahiim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki."

Baca Juga: Amalkan 1 Kalimat Ini, Apapun Dosanya Insya Allah Diampuni

4. Mendapat Pahala yang Besar

Dalam HR. At-Tirmidzi, disebutkan bahwa:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku (Nabi Muhammad) tidaklah mengatakan, Alif Laam Miim adalah satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”

Melansir dari sindonews.com, dalam kitab Qurrotul 'Uyun karya Syekh Muhammad At-Tihamiy, Sayyidina Anas radhiyallahu 'anhu berkata: "Demi Allah yang Maha Agung, maka sungguh Sayyidina Abu Bakar telah menceritakan kepadaku dan beliau berkata: "Demi Allah yang Maha Agung maka sungguh Nabi Muhammad SAW yang terpilih telah menceritakan kepadaku dan Beliau telah berkata: "Demi Allah Yang Maha Agung maka sungguh Israfil telah menceritakan kepadaku bahwa Allah Ta'ala berfirman: "Demi keagungan-Ku, kedermawanan-Ku dan kemuliaan-Ku, siapa saja yang membaca "Bismillahir-Rohmanir-Rohiim" yang dihubungkan dengan pembuka Al-Fatihah sebanyak 1 kali, maka saksikanlah oleh kalian bahwasanya Aku telah memberi ampunan kepadanya dan Aku menerima amal kebaikannya dan Aku hapuskan semua kesalahannya. Dan Aku tidak akan membakar lidahnya, di dalam api neraka dan Aku lindungi ia dari siksa kubur, siksa neraka dan siksa Hari Kiamat. Dan ia akan menemui-Ku sebelum para Nabi dan para wali seluruhnya."

Ulama Yaman Al-Habib Athos Bin Hafizh pernah memberi nasehat, "Apabila engkau mau mengerjakan sesuatu yang baik, maka bacalah "Bismillahirrahmaanirrahiim." Mau duduk, bacalah "Bismillahirrahmaanirrahiim." Mau berdiri, bacalah "Bismillahirrahmaanirrahiim." Mau menyentuh suatu benda yang baik dan bagus, bacalah "Bismillahirrahmaanirrahiim." Mau berkendaraan, bacalah  "Bismillahirrahmaanirrahiim." Mau memakai pakaian, bacalah "Bismillahirrahmaanirrahiim." Dan semua yang berhubungan dengan kebaikan, maka bacalah "Bismillahirrahmaanirrahiim."

Fadhilahnya, Insya Allah pekerjaan apapun yang baik jika didahului membaca "Bismillahirrahmaanirrahiim" maka akan membawa berkah dan Malaikat membentangkan sayapnya. Malaikat memintakan ampun untuknya dan dicatat oleh Malaikat 400 kebaikan. Setiap satu kali perbuatan baik yang didahului oleh  "Bismillahirrahmaanirrahiim" akan dicatat dengan 400 kebaikan.

Baca Juga: Benarkah Memegang Tangan Istri Bisa Menggugurkan Dosa Suami?

Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya'rawi berkata: "Jikalau engkau terbiasa mengucapkan kalimat basmalah di setiap ingin memulai pekerjaan, maka nanti pada hari Kiamat di saat engkau menerima lembaran amal perbuatanmu selama di dunia, engkau akan memulai membacanya dengan kalimat basmalah sebagaimana kebiasaanmu di dunia. Kemudian, tanpa engkau sadari, seluruh dosamu telah dihapuskan, maka engkau pun heran dengan apa yang telah terjadi (padahal engkau telah banyak berbuat kemaksiatan ketika di dunia). Seketika itu terdengarlah seruan, "Wahai hamba-Ku, sesungguhnya engkau telah memanggilku dengan Rahman dan Rahim (Maha Pengasih dan Maha Penyayang) maka, aku hapuskan seluruh dosa-dosamu kerana sifatku yang maha kasih."

"Barangsiapa memungut kertas yang bertuliskan "Bismillahirrahmaanirrahiim," dari lantai, dengan niat agar kalimat itu tidak tercemari oleh kotoran, tidak terinjak, dan dilakukan karena mengagungkan Allah, maka Allah akan memasukkannya ke dalam golongan as- Shiddiqin (para Wali Allah yang selalu membenarkan Ajaran Allah) di sisi-Nya, dan kedua orang tuanya diampuni." (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga