Logo Telisik.id

Dana Desa Oempu Diprioritaskan Air Bersih

225 dibaca Dana Desa Oempu Diprioritaskan Air Bersih

Plt Kades Oempu, Hayari Imbu bersama tim pendamping desa menyerap aspirasi masyarakat melalui musyawarah. Foto : Naryo/Telisik

" Jadi kita memberi kesempatan masyarakat untuk mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan dasar. Toh, yang digunakan itu adalah uang rakyat."

MUNA, TELISIK.ID - Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna saat ini mulai melaksanakan musyawarah penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2020. Apa yang menjadi aspirasi masyarakat semuanya ditampung.

Plt Kades Oempu, Hayari Imbu, membukakan ruang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengajukan usulan yang akan dituangkan dalam APBDes.

"Jadi kita memberi kesempatan masyarakat untuk mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan dasar. Toh, yang digunakan itu adalah uang rakyat," ungkapnya.

Berada dipesisir pantai, tentunya daerahnya sangat kesulitan air bersih. Makanya, di tahun 2020 nanti, DD akan diprioritaskan untuk penyediaan sarana air bersih.

"Anggaranya sementara disusun bersama tim pendamping desa," ujarnya.

Selain air bersih, pada musyawarah masyarakat juga mengajukan usulan pengadaan lampu penerangan jalan, alat pertania dan alat tangkap ikan.

"InsyaAllah kita akan penuhi semuanya," janjinya.

Hayari yang juga Kasi Linmas Sat Pol PP Muna itu menjelaskan, DD tahun ini sebesar Rp 1,1 miliar dan Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 587 juta. Total keseluruhan sebesar Rp 1,7 miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan desa sebesar Rp 723 juta, pembinaan kemasyarakatan Rp 142 juta, pemberdayaan masyarakat Rp 416 juta dan penyelenggaraan pemerintahan desa Rp 479 juta.

Reporter : Naryo
Editor: Ibnu

Post Tags:

Copyright © 2019 Telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video