Dana Tersedia, Pilkades Serentak Konsel Siap Digelar

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 14 Februari 2022
0 dilihat
Dana Tersedia, Pilkades Serentak Konsel Siap Digelar
Aktivitas kegialan Pilkades di sejumlah desa persiapan sudah dilakukan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel selaku fasilitator tahapan dalam perhelatan. Foto: Ist

" Tahapan persiapan 86 desa yang berada di 24 kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sultra guna melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tahun ini sudah ditabuh "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Tahapan persiapan 86 desa yang berada di 24 kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sultra guna melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tahun ini sudah ditabuh.

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel selaku fasilitator tahapan dalam perhelatan.

Kendala ketersediaan dana yang acap kali jadi kendala utama, sudah diantisipasi. Kadis DPMD Konsel, Annas Mas’ud memaparkan, pihaknya menyiapkan anggaran Pilkades serentak tahun 2022 di kisaran Rp 1,3 miliar.

"Besaran itu kami rasa sudah mencukupi  untuk melaksanakan Pilkades sebab semua kebutuhan sudah terurai, semua sudah klop di situ termaksud uang pengamanan," ungkap Annas.

Mantan Kadis Kominfo ini mengurai untuk alokasi bantuan keuangan desa yaitu untuk panitia Pilkades perdesa yakni untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di bawah 1.000 wajib pilih sebesar Rp 15.500.000. Sementara untuk wajib pilih dengan DPT di atas 1000 wajib pilih itu sebesar Rp 18.300.000.

Ia menegaskan, DPMD Konsel siap memfasilitasi agar pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini sukses. Di mana untuk tahapan pencairan anggaran Pilkades, itu akan mulai dilaksanakan setelah tahapan pembekalan panitia berdasarkan rekomendasi dari DPMD.

Baca Juga: Pemkab Muna Dapat Hibah Pembangunan Infrastruktur Jalan Rp 200 Miliar

Dilain pihak, Kasubag Perbendaharaan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Hamzad menyebutkan, besaran anggaran dana Pilkades tahun ini sebesar Rp 1.349.800.000.  Di mana dana tersebut sumber dananya dari Dana Alokasi Umum (DAU).

"Sudah siap dan tersedia. Untuk pencairannya kami menunggu dari rekomendasi dari DPMD," ujar Hamzad.

Sebelumnya, sebanyak 86 desa yang berada di 24 kecamatan di Konsel bakal melaksanakan Pilkades serentak pada tahun ini.

24 Kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Andoolo sebanyak 2 desa, Andoolo Barat  sebanyak 1 desa,  Angata 5 desa, Basala 2 desa, Baito 1 desa, Benua 1 desa, Buke 1 desa, Kolono Timur 2 desa, Konda 7 desa, Laeya 2 desa, Lalembu 5 desa,

Baca Juga: Belum Ada Kasus Omicron di Kota Baubau

Kecamatan Landono 7 desa, Laonti 13 desa, Moramo 3 desa, Moramo Utara 3 desa, Mowila 9 desa, Palangga 1 desa, Palangga Selatan 1 desa, Ranomeeto 5 desa, Ranomeeto Barat 2 desa, Sabulakoa 7 desa, Tinanggea 2 desa dan Wolasi 3 desa.

Tahapan pemilihan kepala desa akan dimulai sejak 7 Februari 2022. Kemudian untuk tahapan pemungutan suara Pilkades akan dilaksanakan pada 22 Mei 2022. (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga