adplus-dvertising

Danau Fotu, Destinasi Wisata yang Tak Pernah Sepi

Mutarfin, telisik indonesia
Minggu, 20 Desember 2020
3397 dilihat
Danau Fotu, Destinasi Wisata yang Tak Pernah Sepi
Danau Fotu di Buteng dengan keindahan alam. Foto: Ist

" Di Danau Fotu ini pengunjungnya selalu ramai dan nyaris tak pernah sepi, apalagi di waktu liburan. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Keindahan alam Buton Tengah tak pernah habis untuk dibahas. Salah satunya adalah danau air tawar nan jernih, Danau Fotu, yang ada di Desa Kanapa-napa Kecamatan Mawasangka.

Kepala Dinas Pariwisata Buton Tengah, Wujuddin mengatakan, Danau Fotu adalah salah satu objek wisata di Buteng yang selalu ramai pengunjung.

 


Danau Fotu di Buteng dengan airnya yang jernih. Foto: Ist

 

"Di Danau Fotu ini pengunjungnya selalu ramai dan nyaris tak pernah sepi, apalagi di waktu liburan," ungkapnya, Minggu (20/12/2020).

Ia menambahkan, salah satu hal yang membuat Danau Fotu disukai wisatawan adalah air danaunya yang tawar. Hanya saja, pengunjung  harus kuat menahan dinginnya air danau ini.

Selain itu, danau ini terletak di tengah-tengah hutan, jauh dengan pemukiman masyarakat. Hal itulah yang menambah keindahan danau ini, karena pemandangan di sekitarnya sangat asri.

Baca juga: Puncak Sawerigadi, Objek Wisata Pilihan untuk Kemping

Rindangnya pohon-pohon besar manambah kesejukan destinasi wisata primadona di Buteng ini.

Danau Fotu dibuka untuk pengunjung setiap hari. Pemerintah Kabupaten Buteng telah melengkapi sarana gazebo dan musala serta tempat parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat, sehingga pengunjung bisa berlama-lama di tempat ini.

Untuk memasuki danau ini, tarifnya sangat bersahabat. Pengunjung bisa masuk tanpa membayar. Hanya kendaraan dikenakan tarif parkir yaitu Rp 5.000 untuk roda dua atau motor, dan Rp 20.000 untuk mobil.

Wujuddin menjelaskan, objek wisata yang ada di Buteng sebagian dikelola oleh Pemda, sebagian lagi ada yang dikelola oleh pemerintah desa setempat. Danau Fotu ini dikelola oleh desa setempat, namun tetap dalam pengawasan Dinas Pariwisata. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga