Danau Laponu-ponu Bak Mutiara Tersembunyi di Kabupaten Bombana

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 06 Desember 2022
0 dilihat
Danau Laponu-ponu Bak Mutiara Tersembunyi di Kabupaten Bombana
Pesona alam Danau Laponu-ponu di Kabupaten Bombana menyuguhkan keindahan pulau hijau di tengah danau. Foto: Ist.

" Menyuguhkan keindahan pulau di tengah danau, penduduk setempat harapkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana lebih mengeksplor pesona alam Danau Laponu-ponu "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyuguhkan keindahan pulau di tengah danau, penduduk setempat harapkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana lebih mengeksplor pesona alam Danau Laponu-ponu.

Sulawesi Tenggara selalu hadir dengan  keindahan pesona alamnya. Sebagai wilayah yang terkenal akan berbagai keunikannya, menjadikannya sebagai wilayah yang memiliki aset dan potensi yang dapat dikembangkan baik dalam sektor pariwisata, ekonomi, maupun budaya. Di bidang pariwisata salah satunya, Danau Laponu-ponu.

Danau Laponu-ponu terletak di Desa Ranokomea, Kecamatan Poleang Barat. Jaraknya 122 Km dari Ibu Kota Kabupaten Bombana, dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan roda dua atau roda empat. Jika ditempuh dari Kota kendari sekitar 5 jam 30 menit.

Baca Juga: Perkenalkan Wisata Sulawesi Tenggara Melalui Festival Pulau Labengki

Dikutip dari website resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana, destinasi ini merupakan sebuah danau alami dengan pulau yang berada ditengah danau yang luasnya kurang lebih satu hektar.

Pesona alam Danau Laponu-ponu di Kabupaten Bombana menyuguhkan keindahan pulau hijau di tengah danau. Foto: Ist.

 

Tak hanya airnya yang biru dan jernih, namun lingkungannya juga masih sangat asri sehingga tak jarak destinasi ini dijuluki sebagai ‘’mutiara tersembunyi’’ bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke danau ini.

Ardina Novrian selaku pengunjung Danau Laponu-ponu mengungkapkan, keindahannya terdapat pada air yang jernih, tenang, suasana yang masih asri dan di pulau tengah danau dipenuhi pohon kelapa yang rimbun.

Baca Juga: Batbat Menjelma jadi Spot Mancing Favorit di Kota Kendari

"Untuk menikmati keindahan Danau Laponu-ponu kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk”jelas Ardina.

Salah satu penduduk lokal yang pernah melakukan penelitian di destinasi wisata Danau Laponu-ponu, Nasrin juga mengatakan, perlu adanya promosi yang lebih baik agar wisata tersebut lebih dikenal.

"Belum banyak yang tau tentang Danau Laponu-ponu, bahkan masyarakat lokal di Kabupaten Bombana juga masih ada yang asing mendengar tempat wisata itu. Mulai ada ramai yang datang karena ada pengunjung yang memposting lewat Instagram dan Facebook jadi publik tertariknya karena melihat fotonya," ucapnya. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga