Dandim Kendari Bagi Sembako untuk Warga Bajo

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 20 April 2020
0 dilihat
Dandim Kendari Bagi Sembako untuk Warga Bajo
Dandim 1417 Kendari Kolonel Inf Alamsyah menyerahkan bantuan pada warga Suku Bajo di Desa Mekar Bajo Kecamatan Soropia. Foto: Ist.

" Kami melihat ini sebagai salah satu cara agar warga terdampak COVID-19 bisa menghadapi Ramadan dengan kelengkapan sembako yang cukup. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kodim 1417 Kendari dan Polres Kendari menyalurkan bantuan pada ratusan kepala keluarga Suku Bajo yang berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Senin (20/4/2020).

Komandan Kodim 1417 Kendari, Kolonel Inf Alamsyah turun langsung memimpin 150 personel anggotanya menyalurkan bantuan sembako yang berasal dari sumbangan pribadi karyawan PT Askrindo Cabang Kendari dan PT GMM.

Pembagian sembako dilakukan Dandim sambil menggunakan sampan, mendayung dari satu rumah ke rumah lainnya membawakan sembako berupa beras, susu, minyak goreng, gula pasir dan mie instant bagi warga miskin.

"Kami melihat ini sebagai salah satu cara agar warga terdampak COVID-19 bisa menghadapi Ramadan dengan kelengkapan sembako yang cukup," kata Dandim.

Sasaran utamanya, warga nelayan yang sehari-harinya menggantungkan hidup dari melaut.

Baca juga: Jumlah Positif Bertambah, Warga Sultra Diimbau Taat Aturan

Kepala Cabang PT Askrindo Kendari, Syahruddin, mengatakan, bantuan sembako tersebut diberikan kepada warga miskin yang terdampak COVID-19. Selain itu, paket sembako tersebut dapat membantu kebutuhan warga menghadapi Ramadan.

"Kami selaku bagian dari BUMN Peduli akan terus melakukan kegiatan sosial ini dan melihat warga yang betul-betul dan layak untuk menerima bantuan sembako gratis," katanya.

Syahruddin menambahkan, di bulan suci Ramadan, pihaknya akan melakukan kegiatan yang berbeda, seperti pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga dan pemberian obat-obatan yang dibutuhkan.

Koordinator Forum Lintas Media Sulawesi Tenggara, Suwarjono, mengatakan, bantuan sembako gratis ketiga tersebut berkat bantuan dari berbagai pihak.

"Kami hanya membantu menyalurkan paket sembako gratis dari para sponsor. Kami tertunjuk sebab kami sering melakukan peliputan dan mengetahui warga dan daerah mana yang layak menerima dan tentu kami melakukan survai lokasi lebih awal," terangnya.

Salah seorang warga, Rizal, menyatakan, warga merasa terbantu dengan hadirnya bantuan. Selama ini, belum ada relawan atau lembaga yang masuk di wilayah pemukiman bajo untuk memberikan bantuan.

"Padahal warga di sini memang terdampak COVID-19. Namun, dengan adanya sumbangan ini, kami berharap warga tidak kesulitan menghadapi Ramadan," ujar Rizal.

 

Reporter: Sumarlin

Baca Juga