Dapat Predikat Kota Layak Anak, Pemkot Lakukan Pra Verifikasi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 15 Mei 2023
0 dilihat
Dapat Predikat Kota Layak Anak, Pemkot Lakukan Pra Verifikasi
Rapat gugus pra verifikasi kota layak anak di Kota Kendari dengan melibatkan beberapa OPD lingkup kota. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Mendapat predikat kota layak anak (KLA) membuat Pemkot Kendari masih berbenah dalam melakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan kelancaran kegiatan pra verifikasi KLA tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Mendapat predikat kota layak anak (KLA) membuat Pemkot Kendari masih berbenah dalam melakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan kelancaran kegiatan pra verifikasi KLA tersebut.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengingatkan pada camat dan lurah untuk memahami Kota Kendari sebagai KLA. Kegiatan pemaparan materi itu membahas mengenai problematika anak jalanan yang masih ada di Kota Kendari.

Hal tersebut diungkapkan oleh pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari yang menyebut tiap titik traffic light (lampu merah) yang ada, masih banyak anak jalanan berkeliaran. Meskipun beberapa di antaranya sudah terdata oleh pihak Dinsos.

Baca Juga: Pamer Season XVI se-Indonesia Digelar di Universitas Halu Oleo Kendari

Selain itu, permasalahan lainnya adalah anak jalanan mesti rutin dipantau, karena berdasarkan paparan yang dibawakan oleh pihak Dinsos, ketika turun ke lapangan, anak jalanan berusaha menghindar dan bersembunyi, namun begitu selesai menelusuri satu persatu area traffic light, anak jalanan kembali ke area traffic light.

Bila diberikan kerja ataupun pelatihan, hal tersebut dinilai kurang tepat, pasalnya anak jalanan banyak berasal dari luar Kota Kendari.

Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang menuturkan adanya justifikasi penjelaaan mengenai upaya yang dilakukan dalam rangka penanganan penertiban anak jalanan di Kota Kendari.

"Justifikasi telah kita lakukan di samping upaya real terus kita lakukan. Saya kira itu upaya penanganan masif yang dilakukan," ungkapnya saat rapat gugus tugas pra verifikasi KLA.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sitti Ganef, ia menyebut menyusun sesuai dengan kondisi real yang ada di Kota Kendari yang diikuti OPD lintas pemkot, instansi vertikal, BUMN, lembaga pemerhati perempuan dan anak.

"Di provinsi juga mereka menilai verifikasi dan administrasi dokumen sebelum di kirim ke pusat dengan beberapa tahap," ujarnya.

Sarana dan prasarana yang perlu dipersiapkan kecamatan dan kelurahan se-Kota Kendari, di antaranya:

1. Data/profil anak terpilah laki-laki dan perempuan

2. Pojok baca

3. Marka kawasan tanpa asap rokok

4. Toilet terpisah laki-laki dan perempuan

5. Pengelolaan sampah

Baca Juga: Pasca Lebaran, Harga Bahan Pokok di Kota Kendari Belum Stabil

6. Ruang bermain ramah anak

7. Sekretariat forum anak

8. Kotak saran untuk anak

9. Program inovasi terkait dengan anak

Kegiatan itu dalam rangka penyelenggaran KLA serta proses penilaian KLA oleh tim verifikasi pusat bertempat di ruang Samaturu, Kantor Balai Kota Kendari. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga