adplus-dvertising

Dapat Tiga Brevet Kopassus, KSAD TNI Janji Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

M. Risman Amin Boti, telisik indonesia
Selasa, 21 Desember 2021
662 dilihat
Dapat Tiga Brevet Kopassus, KSAD TNI Janji Tingkatkan Profesionalisme Prajurit
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat memberi keterangan di Makopassus Cijantung, Jakarta Timur. Foto: Repro tribunnews.com

" KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima tiga brevet sekaligus dari Kopassus melalui upacara penyematan di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kepala Staf Angkatan Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima tiga brevet sekaligus dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) melalui upacara penyematan di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Ketiga brevet itu yakni brevet Antiteror, brevet Para Utama, dan brevet Komando. Tak hanya itu, Jenderal Dudung juga resmi diangkat menjadi warga kehormatan Kopassus yang ditandai dengan penyematan Baret Merah.

"Beberapa saat lalu, saya selaku Kepala Staf Angkatan Darat menerima ketiga brevet, pisau komando warna emas dan baret merah sebagai warga kehormatan Korps Baret Merah yang disematkan Danjen Kopassus (Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa)," kata Dudung di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (21/12/2021).


Dudung mengaku bangga bisa mendapat tiga Brevet kehormatan, pisau komando emas, dan baret emas yang menandakan dia diterima dalam keluarga besar korps baret merah.

Baca Juga: Viral Percuma Lapor Polisi, Kabag Penum: Polri Telah Banyak Tangani Kasus

Pasalnya, tidak semua prajurit TNI dapat menerima Brevet kehormatan dari satuan Kopassus karena harus memenuhi kualifikasi yang harus didapat lewat serangkaian pelatihan.

"Sudah saya lewati beberapa latihan yang dilaksanakan oleh prajurit-prajurit komando termasuk prajurit Kopassus Anti Teror. Ini sudah sebagian saya lewati dan memang latihan sangat berat," ujarnya.

Olehnya itu, Dudung mengucapkan terima kasih atas apa yang diterimanya pada hari ini.

Menurutnya, hal tersebut akan dijadikan motivasi untuk melaksanakan seluruh tanggung jawab, baik itu kepada TNI AD maupun Kopassus itu sendiri.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Instruksi Penyidik Lacak Sprindik Muktamar ke-34 NU

"Hal ini merupakan bentuk penerimaan yang tulus serta penghargaan kepada saya selaku KSAD yang bertanggung jawab kepada pembinaan korps TNI AD," katanya.

Lebih lanjut, mantan Panglima Kostrad TNI AD itu menyampaikan pesan kepada seluruh prajurit Kopassus agar tidak pernah lelah berlatih meningkatkan kemampuan, serta membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai kesulitan.

“Saya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat akan meningkatkan profesionalisme prajurit, dari segi pembinaan. Khususnya prajurit Kopassus sehingga pada nantinya personel sarana, prasarana akan menjadi prioritas utama,” ujar Dudung.

Sebelum proses penyematan Brevet ini diawali dengan Dudung mengikuti serbuan gedung di Sat-81 Kopassus, menembak runduk dari atas gedung, patroli, serbuan ruangan pesawat.

Selain itu, Dudung juga menyaksikan atraksi terjun payung yang dilakukan enam prajurit Kopassus, yakni Serka Margono yang mengibarkan bendera Kopassus, Sertu Ikbal mengibarkan bendera Kartika Eka Paksi. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga