Dapil Kota Kendari di Pemilu 2024 Bisa Berubah, Ini Sebabnya

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Selasa, 07 Juni 2022
0 dilihat
Dapil Kota Kendari di Pemilu 2024 Bisa Berubah, Ini Sebabnya
Para komisioner KPU Kota Kendari dan sejumlah anggota komisi I DPRD Kota Kendari saat mendiskusikan terkait pemetaan dapil Kota Kendari di Pemilu 2024. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) bisa dibilang masih cukup lama, namun persiapan, rancangan, dan mekanisme pelaksanaannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) bisa dibilang masih cukup lama, namun persiapan, rancangan, dan mekanisme pelaksanaannya itu sudah disiapkan dari sekarang.

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari bersama DPRD Kota Kendari, telah mulai menyusun sistem Pemilu, salah satunya dengan pemetaan daerah pemilihan (dapil) untuk wilayah Kota Kendari.

Jika berdasarkan undang-undang, untuk pengaturan dapil di tingkat kabupaten/kota, itu tidak masuk dalam lampiran Undangan-Undangan Nomor 7 Tahun 2017, yang berisi bahwa dapil di tingkat DPR RI dan dapil DPRD Provinsi, itu tidak akan mengalami perubahan-perubahan.

Sedangkan untuk dapil tingkat Kota, itu tidak masuk dalam lampiran Undangan-Undang Nomor 7 Tahun 2017, sehingga untuk pengaturan dapil itu di kembalikan oleh KPU masing-masing Kota. Jadi adanya perubahan, baik itu penambahan atau pengurangan itu bisa saja terjadi.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh mengatakan untuk dapil Kota Kendari bersifat dinamis. Artinya masih bisa ada perubahan, tergantung kondisi ke depan seperti apa.

Baca Juga: Abdul Rasak-Andi Sulolipu Minta Dukungan Warga Bungkutoko di Pilwali Kendari

"Terkait dapil, kemungkinan akan ada penambahan atau pengurangan, kami masih belum bisa pastikan. Karena tergantung ke depan, apakah ada penambah jumlah pemilih, adanya penambahan kecamatan baru dan lain sebagainya, yang akan mempengaruhi perubahan dapil. Untuk itu, belum bisa dipastikan akan seperti apa dapil Kota Kendari di Pemilu 2024 nanti," ungkapnya kepada Telisik.id , Selasa (7/6/2022).

Terkait masalah penentuan dapil, kata dia, tentunya ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan, dalam menentukan peta pemilu. Tidak semerta-merta ditentukan begitu saja.

"Yah pastinya akan kita cek dulu secara administrasi setiap daerah,, apakah memenuhi syarat atau tidak, dilakukan perubahan dapil atau bagaimana. Dan untuk sekarang, kami masih menunggu jadwal atau PKPU keluar. Jika sudah keluar jadwal, pasti akan kita turun langsung, memeriksa setiap daerah, apakah layak ada perubahan dapil atau tidak," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Kota Kendari, La Ode Lawama, mengatakan tidak begitu mempermasalahkan mengenai adanya perubahan dapil atau sebagiannya.

Baca Juga: Tingkat Hunian Hotel di Sulawesi Tenggara Menurun

"Tidak masalah jika mau bertambah atau berkurang. Intinya saya tetap siap, mau di tempatkan di dapil mana saja. Selama tetap optimis dan yakin, Insyaallah pasti akan kembali memenangkan hati masyarakat," jelasnya.

Disamping itu, Anggota komisi I DPRD Kota Kendari, Anita Dahlan mengungkapkan jika ada perubahan dapil, tidak akan berpengaruh terhadap proses Pemilu.

"Yah tidak masalah jika dapil berubah, yang jelasnya adalah bagaimana cerdas-cerdasnya kita dalam menarik kepercayaan masyarakat terhadap kita," ujarnya. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga