Dari Rp 75 Miliar Dana COVID-19 Wakatobi, Baru Terealisasi Sebesar Rp 28 Miliar

Mohamad Lukman Saputra, telisik indonesia
Selasa, 29 September 2020
0 dilihat
Dari Rp 75 Miliar Dana COVID-19 Wakatobi, Baru Terealisasi Sebesar Rp 28 Miliar
Asisten I Setda Wakatobi, Nursiddiq (ketiga dari kiri). Foto: Mohamad Lukman Saputra/Telisik

" Dana Covid ini adalah Rp 75 miliar 700 sekian juta, yang baru terealisasi sampai pada saat ini Rp 28 miliar lebih. Masih ada Rp 46 miliar yang belum terealisasi. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pemda Kabupaten Wakatobi mengalokasikan anggaran penanganan dan penanggulangan COVID-19 sebesar Rp 75 miliyar yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2020.

Saat dikonfirmasi, Pemda Wakatobi melalui Asisten I, Nursiddiq mengungkapkan, dari total Rp 75 miliyar lebih dana yang dialokasikan, sebanyak Rp 28 miliar lebih di antaranya telah direalisasikan.

"Dana Covid ini adalah Rp 75 miliar 700 sekian juta, yang baru terealisasi sampai pada saat ini Rp 28 miliar lebih. Masih ada Rp 46 miliar yang belum terealisasi,” terangnya baru-baru ini.

Nursiddiq menambahkan, dana Rp 28 miliar itu disalurkan ke sejumlah instansi terkait, di antaranya Dinas Kesehatan, RSUD, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi.

Baca juga: Konawe Tambah Tujuh Kasus Baru, Empat di Antaranya Klaster Arombu

“Anggaran itu dibelanjakan melalui dinas terkait berupa bantuan kebutuhan pangan untuk masyarakat, alat pelindung diri (APD) dan peralatan pendukung lainnya termasuk juga hal-hal lain seperti suplemen dan perlengkapan kebutuhan masyarakat kita yang menjalani karantina di bawah pantauan tim gugus,” lanjutnya.

Ketika ditanya tentang rincian dana yang dikelola oleh masing-masing instansi, Nursiddiq, masih enggan menjelaskan secara detail karena masih dalam proses audit yang dilakukan oleh BPK.

"Masih ada audit BPK, data-data kita soal itu masih diperiksa di ruang audit,” pungkasnya.

Reporter: Mohamad Lukman Saputra

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga