Data Nasabah BSI Diduga Kena Hack, Lockbit Minta Tebusan Rp 295,6 Miliar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 16 Mei 2023
0 dilihat
Data Nasabah BSI Diduga Kena Hack, Lockbit Minta Tebusan Rp 295,6 Miliar
Kelompok hacker LockBit diduga telah meretas jutaan data nasabah BSI. Foto: Kompas.com

" Kelompok hacker LockBit diduga telah meretas jutaan data nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI. Data tersebut telah menyebar di pasar gelap internet atau dark web seperti dilansir dari Kompas.com "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelompok hacker LockBit diduga telah meretas jutaan data nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI. Data tersebut telah menyebar di pasar gelap internet atau dark web seperti dilansir dari Kompas.com.

Sebelum data tersebut tersebar, LockBit mengaku telah bernegoisasi dengan pihak BSI. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh akun Twitter dark tracer, @darktracer_int.

Kelompok ransomware Lockbit juga telah mempublikasi histori percakapan terkait negoisasi dengan BSI," tulis @darktracer_int, Selasa (16/5/2023).

Akun itu mengunggah foto tangkapan layar atau screen shot percakapan antara dua pihak yang diduga LockBit 3.0 dan BSI.

Baca Juga: Viral Nasabah Ngamuk, BSI Enggan Komentar, OJK Jamin Uang Nasabah Tak Hilang

Berikut percakapan yang ada dalam tangkapan layar akun @DarkTracer:

Peretas: Kalian akan mengetahui tentang hal ini setelah data curian terpublikasi, jika kalian tidak membayar data berkualitas dari jejaring perusahaan seperti dikutip dari Katadata.co.id

Korban: Oke, bisakah kami membayar US$ 100 ribu? Kamu mau?

Peretas: US$ 20 juta

Korban: Kenapa nilainya sangat besar, setidaknya berikan kami satu sampel nama pengguna dan kata sandi yang kami curi, kami akan memberikan US$ 10 juta.

Sebelumnya, akun @DarkTracer juga mengunggah foto tangkapan layar yang menunjukkan data-data diduga milik BSI bocor.

"Batas waktu negosiasi berakhir, dan Kelompok Ransomware LockBit akhirnya membuat semua data curian dari BSI terpublikasi di dark web."

Berikut konten yang tercantum dalam tangkapan layar:

'Data Sudah Terpublikasi bankbsi.co.id'

Rekomendasi kami terhadap seluruh nasabah yang menjadi korban korporasi yang tak bertanggung jawab dan tak berkompetensi:

Menanggapi kabar yang beredar terkait kebocoran data BSI di dark web, Sekretaris Perusahaan BSI, Gunawan A Hartoyo kembali memastikan, data dan dana nasabah dalam kondisi aman, sehingga nasabah dapat bertransaksi secara normal dan aman.

“Dapat kami sampaikan bahwa kami memastikan data dan dana nasabah aman, serta aman dalam bertransaksi. Kami berharap nasabah tetap tenang karena kami memastikan data dan dana nasabah aman," kata Gunawasn dalam keterangan pers.

Baca Juga: Dituntut 2,6 Tahun dan Denda Rp 50 Juta Subsider 6 Bulan Penjara, Prof B Bacakan Pembelaan 23 Mei Mendatang

Dia juga menyatakan, BSI akan bekerja sama dengan otoritas terkait dengan isu kebocoran data.

BSI terus melakukan pemeriksaan, dan menindaklanjuti keseluruhan sistem, serta melakukan mitigasi jangka panjang.

“Mengenai isu serangan, BSI berharap masyarakat tidak mudah percaya atas informasi yang berkembang dan selalu melakukan pengecekan ulang atas informasi yang beredar. Dapat kami sampaikan bahwa kami memastikan data dan dana nasabah tetap aman,” katanya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga