DBD Kabupaten Manggarai Capai 79 Kasus Tahun Ini

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
DBD Kabupaten Manggarai Capai 79 Kasus Tahun Ini
Kasus DBD di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur capai 79 orang di tahun ini. Foto: Suara.com

" Tahun ini untuk Januari hingga Oktober 2022, tercatat total yang positif Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur mencapai 79 orang "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Tahun ini untuk Januari hingga Oktober 2022, tercatat total yang positif Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur mencapai 79 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, dr Bartolomeus Hermopan mengatakan, berdasarkan laporan rutin semua puskesmas, terlihat data penyakit DBD akibat digigit nyamuk Aedes Aegypti dari Januari hingga Oktober tahun ini, mencapai 79 kasus yang tersebar pada 25 puskesmas di Manggarai.

"Adanya DBD ini diketahui dari hasil pemeriksaan pasien yang masuk puskesmas atau rumah sakit. Data riilnya, positif DBD 79 orang dan suspect, 13 orang," kata Bertolomeus, Kamis (20/10/2022).

Dikatakannya, kasus per bulan jumlahnya bervariasi. Terbanyak untuk sementara ini pada September sejumlah 32 kasus, menyusul Agustus 18 kasus, Oktober 15 kasus dan Januari 18 kasus.

Baca Juga: Hari Santri Nasional, PB NU Gelar Apel Akbar di Jombang

Baca Juga: Jadi Saksi Rusuh Kanjuruhan, Ketum PSSI Datangi Polda Jawa Timur

Menurutnya, penyebarannya pada 25 puskesmas dengan jumlah bervariasi juga. Jumlah terbanyak di wilayah Puskesmas Cancar 23 kasus dan Puskesmas Nanu, 19 kasus.

Kemudian kasus terbanyak September, lanjut dia, tersebar pada tujuh puskesmas, yakni Cancar, 16 kasus, Anam 5 kasus, Nanu, 4 kasus, Wae Mbeleng, 3 kasus, Bangka Kenda 1 kasus dan Watu Alo, 1 kasus dan Puskesmas Kota 2 kasus.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Marten Oman mengatakan, data yang ada merupakan laporan setiap kejadian dalam masyarakat pada setiap puskesmas. Karena diketahui sakitnya, maka sudah pasti penanganan telah dilakukan sesuai dengan standar kerja penanganan pasien DBD.

"Termasuk yang ramai beberapa waktu lalu di Dimpong, Kecamatan Rahong Utara dan Cancar. Penanganan standar telah dilakukan sehingga pasien pulih dan sembuh," kata Oman. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga