Debut Kylian Mbappe Antar Real Madrid Juara Piala Super UEFA

Mustaqim, telisik indonesia
Kamis, 15 Agustus 2024
0 dilihat
Debut Kylian Mbappe Antar Real Madrid Juara Piala Super UEFA
Para pemain Real Madrid merayakan kemenangan dengan menjuarai Piala Super UEFA 2024 usai mengalahkan Atalanta 2-0 di Stadion Nasional Warsawa, Polandia, Kamis (15/8/2024) dinihari WIB. (Foto: Darko Bandic/AP)

" Satu gol yang dilesakkan Kylian Mbappe mewarnai debutnya bersama Real Madrid dan menjuarai Piala Super UEFA 2024 usai timnya mengalahkan Atalanta 2-0 di Stadion Nasional Warsawa, Polandia, Kamis (15/8/2024) dinihari WIB "

WARSAWA, TELISIK.ID — Satu gol yang dilesakkan Kylian Mbappe mewarnai debutnya bersama Real Madrid dan menjuarai Piala Super UEFA 2024 usai timnya mengalahkan Atalanta 2-0 di Stadion Nasional Warsawa, Polandia, Kamis (15/8/2024) dinihari WIB.

Gol Kapten Timnas Prancis itu menciptakan gol pada menit ke-68, setelah menyambut umpan dari Jude Bellingham, dengan tembakan ke pojok atas gawang Atalanta yang dijaga Juan Musso.

“Dia (Mbappe) tidak bisa dihindari. Ini adalah langkah besar baginya, orang-orang telah membicarakan tentang dia datang ke sini untuk waktu yang lama, dan rasanya seperti dia sudah berada di sini untuk sementara waktu,” kata Bellingham tentang Mbappe.

Setelah meletakkan kedua tangan di dadanya untuk perayaan khasnya, Mbappe diberi selamat oleh rekan setimnya Vinicius Junior dan Rodrygo, serta rekan-rekan setimnya yang lain.

Satu gol lainnya Real Madrid dihasilkan oleh Federico Valverde usai menyambut umpan silang dari Vinicius pada menit ke-59.

Kesuksesan Real Madrid ini membuat salah satu klub raksasa Eropa asal Spanyol itu meraih rekor kemenangan keenam di Piala Super, pertandingan tahunan antara juara Liga Champions (Madrid) dan juara Liga Europa (Atalanta).

Madrid terbiasa memegang rekor – tidak ada tim yang memiliki lebih banyak gelar Piala Eropa dari 15 gelar – dan memiliki pemain terbaik dunia.

Baca Juga: 7 Rekor Atlet Tanah Air di Olimpiade Paris 2024

Mbappe termasuk dalam kategori itu dan merupakan modal yang baik untuk bertahan di klub sepak bola top dunia, yang sebelumnya merumput di Liga Prancis bersama Saint Paris Germain (PSG).

Sekarang dia adalah pemain nomor 9 Madrid dan memulai debut bersama tim barunya di Piala Super UEFA yang langsung menorehkan prestasi.

“Kami memiliki tim dengan tampilan baru dan sepertinya hanya mengklik malam ini. Kadang-kadang butuh sedikit waktu. Babak pertama kami masih menyesuaikan diri dan babak kedua semuanya menyatu dan kami brilian,” tutur Bellingham.

Vinícius dan Bellingham, bintang Madrid yang meraih gelar Liga Champions dan La Liga musim lalu, adalah pemain yang menonjol dalam pertarungan Real Madrid dengan Atalanta.

“Pada satu titik, pertandingan berada dalam jangkauan kami,” kata pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini.

Atalanta hampir memimpin di awal babak kedua ketika Mario Pasalic melakukan sundulan bola yang ditepis oleh kiper Thibaut Courtois. Namun, setelah itu Madrid dominan dengan Vinícius beroperasi lebih banyak di tengah.

“Hal yang paling sulit, apa yang kami cari, adalah menemukan keseimbangan dalam tim dengan kualitas yang kami miliki di depan. Jika kami mampu melakukan ini, kami bisa memiliki musim yang sangat bagus. Kami memiliki skuad yang fantastis, sejujurnya,” kata pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti.

Luka Modric, pemain berusia 38 tahun yang merupakan salah satu dari lima pemain pengganti di babak kedua untuk Madrid, mengangkat trofi tinggi-tinggi dengan latar belakang confetti emas saat Mbappé menari dan memimpin perayaan kemenangan di sampingnya.

“Saya pikir dia (Mbappe) luar biasa sebelumnya dan sekarang Anda mendapat kesempatan untuk bermain dengannya, Anda melihat detailnya lebih dekat - kecepatan, kualitas, pekerjaan tanpa bola, cara dia sebagai pemimpin, cara dia berkomunikasi. Saya tidak bisa berbicara cukup tinggi tentang dia,” tutur Bellingham.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 vs Australia dan Arab Saudi

Data dan Fakta:

- Real Madrid kini menjadi klub paling sukses dalam sejarah Piala Super setelah mengklaim gelar keenam yang memecahkan rekor.

- Ini juga merupakan penampilan kesembilan Madrid yang menyamai rekor di Piala Super (Menang 6 Kalah 3), membawa mereka sejajar dengan Barcelona.

- Carlo Ancelotti adalah pelatih pertama yang mencatat lima kemenangan Piala Super, setelah juga meraih kemenangan bersama AC Milan pada 2003 dan 2007 dan kesuksesan Madrid 2014 dan 2022.

- Ancelotti adalah salah satu dari lima orang yang mengangkat trofi sebagai pemain dan pelatih, bersama Pep Guardiola, Diego Simeone, Luis Enrique dan Zinédine Zidane.

- Carvajal dan Luka Modric adalah pemain pertama yang mencatat lima kemenangan Piala Super, dan dua pemain pertama yang tampil dalam enam edisi.

Susunan pemain

Real Madrid: Courtois; Carvajal (Vazquez 88), Militao, Rudiger, Mendy; Valverde, Tchouameni; Rodrygo (Modric 76’), Bellingham (Ceballos 88), Vinicius Junior (Arda Guler 88’); Mbappe (Brahim Diaz 83’)

Atalanta: Musso; Djimsiti, Hien (Palestra 90), Kolasinac (Bakker 70’); Zappacosta (Godfrey 62’), De Roon, Ederson, Ruggeri; Mario Pasalic (Manzoni 90’); De Ketelaere (Retegui 62’), Lookman. (C)

 

Editor: Mustaqim

Artikel Terkait
Baca Juga