Deker Tinggi Rawan Kecelakaan, Warga Blokir Jalan

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Rabu, 26 April 2023
0 dilihat
Deker Tinggi Rawan Kecelakaan, Warga Blokir Jalan
Masyarakat memblokir jalan di Desa Sidamangura, Kecamatan Kusambi, Muna Barat, karena sering terjadi kecelakaan, bahkan menelan korban jiwa.Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Sering terjadi kecelakaan dan banyak menimbulkan korban jiwa, masyarakat memblokir jalan di Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sering terjadi kecelakaan dan banyak menimbulkan korban jiwa, masyarakat memblokir jalan di Desa Sidamangura, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat.

Kecelakaan disebabkan deker yang melintang di jalan terlalu tinggi. Akibatnya, pengendara sering terjungkal bila melewati jalan tersebut.

Penutupan jalan mengakibatan antrean panjang kendaraan. Warga menutup jalan dengan menaruh sejumlah batang kayu di badan jalan.

Salah seorang pemuda dari Desa Sidamangura, Afi, membenarkan penutupan jalan karena sering terjadinya kecelakaan. Hal itu dipicu akibat deker yang dibuat pada saat pengerjaan proyek terlalu tinggi.

"Tadi pagi saja sudah 4 orang yang kecelakaan sehingga kami langsung menutup jalan agar tidak terjadi hal yang sama," katanya, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: Tak Kunjung Diperbaiki, Masyarakat Blokir Jalan Menuju Kebun Raya

Dia menambahkan, sejak dibuat tahun 2019, sudah lebih dari 100 pengendara yang kecelakaan dan 4 orang meninggal dunia.

Salah satu mahasiswa asal Desa Sidamangura, Hendro Tobing menegaskan, aksi pemblokiran ini dilakukan agar mendapatkan respons dari pemerintah.

"Jika tidak ada tindakan nyata dari pemerintah sesuai janjinya hari ini, maka kami akan menggalang massa untuk turun aksi bersama masyarakat dan akan kembali memblokir jalan," tegasnya.

Harapannya, segera ada tindakan nyata dari pemerintah. Dia meminta paling lambat hari Jumat, sudah ada yang meninjau lokasi tersebut agar segera dibenahi.

Salah seorang masyarakat dari Desa Sidamangura, Hendra mengatakan, penutupan jalan dilakukan karena warga menuntut pertanggungjawaban dari pemerintah untuk segera membenahi deker yang tinggi, agar tidak lagi terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Viral Seorang Ibu di Buton Blokir Jalan Poros

"Kami kan sebenarnya tidak masalah, sudah tau kondisi deker yang tinggi itu. Hanya pengendara dari desa lain yang balap-balap pada saat bawa kendaraannya," tambahnya.

Dikonfirmasi, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, akan segera membenahi deker jalan yang tinggi itu dan berkoordinasi dengan Dinas PU untuk meninjau lokasinya, agar cepat diperbaiki.

"InsyaAllah minggu ini bisa segera ditindaklanjuti," katanya. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga