adplus-dvertising

Demi Kesehatan, Kenali 4 Tanda Kasur Harus Segera Diganti

Haidir Muhari, telisik indonesia
Rabu, 25 Agustus 2021
478 dilihat
Demi Kesehatan, Kenali 4 Tanda Kasur Harus Segera Diganti
Ilustrasi mengganti kasur. Foto: Repro Dekoruma.com

" Kasur yang rusak tidak akan mampu menopang tubuh secara maksimal. Selain tidur yang akan terganggu, masalah kesehatan dapat saja timbul. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kasur yang bersih dan baik menjadi salah satu penyebab dari tidur yang berkualitas.

Tidak mendapatkan tidur yang berkualitas bisa mengakibatkan produktivitas yang menurun serta fokus yang terganggu.

Akibatnya, banyak hal yang terbengkalai atau tak bisa diwujudkan.


Di balik itu semua, banyak orang yang kurang memperhatikan kondisi dan kualitas kasurnya. Tak jarang, tetap menggunakan kasur yang lama, rusak, atau semestinya sudah diganti.

Kasur yang rusak tidak akan mampu menopang tubuh secara maksimal. Selain tidur yang akan terganggu, masalah kesehatan dapat saja timbul.

Tidur yang terganggu mengarah pada kurang tidur. Sementara kurang tidur dalam medis dikaitkan dengan penyakit jantung, ginjal, serta diabetes.

Melansir Kompas.com dari Reader's Digest, Rabu (25/8/2021), Better Sleep Council merekomendasikan untuk mengganti kasur setiap tujuh hingga sepuluh tahun sekali, dengan melihat kondisi kasur.

Semakin baik kualitas kasur, bisa semakin awet dan tahan lama. Perawatan pada kasur pun berpengaruh pada usia kasur. Seperti seberapa sering Anda memutarnya dan tidur di atasnya.

Dilansir dari Idea.grid.id, apabila tubuh anda sudah merasakan hal-hal berikut ini, maka sudah sebaiknya kasur Anda diganti.

Baca juga: Kenali 7 Material Kasur dan Raih Tidur Berkualitas Anda

Baca juga: Awas, Ini Bahaya Dehidrasi yang Tak Boleh Anda Sepelekan

1. Tubuh terasa pegal

Jika merasakan pegal atau kaku pada tubuh Anda saat bangun tidur, itu satu tanda kasur harus segera diganti.

Itu terjadi karena kasur tidak dapat lagi menopang tubuh secara maksimal. Akibatnya aliran darah tidak lancar.

2. Tidur tidak seenak tahun sebelumnya

Anda tidur yang di kasur yang sama, namun nyenyak tak lagi di dapat, sementara tak ada masalah lain, itu juga bisa menjadi pertanda untuk segera mengganti kasur.

Apalagi tidur nyenyak yang dirasakan bukan lagi di atas kasur itu.

3. Bagian luar kasur robek

Tanda selanjutnya adalah Anda menemukan bagian luar kasur robek atau mulai tampak tanda kerusakan lain. Seperti busanya tidak bisa kembali ke atas setelah ditiduri.

4. Penumpukkan tungau

Kasur yang sudah lama dan jarang dibersihkan, akan menjadi tempat favorit ledakan perkembangbiakan tungau. Penumpukan tungau di kasur ini akan mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan, seperti alergi dan asma.

Telah dimafhumi bahwa kasur tidak sekadar untuk tidur. Tidur adalah anugerah dan obat utama dalam tinjauan kesehatan.

Saat kondisi kasur telah menunjukkan tanda-tanda di atas, demi tidur yang berkualitas, sebaiknya Anda segera menggantinya. Nikmati tidur Anda dan raihan hidup yang berkah.

Jika kasur Anda belum menunjukkan tanda-tanda seperti di atas, tetap jaga kebersihan kasur. Cek secara berkala kebersihan kasur, atau juga jemur untuk menetralisasi bersemainya mikroorganisme yang dapat mengganggu. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga