adplus-dvertising

Demi Penuhi Biaya Kuliah, Mahasiswa Ini Rela Jadi Kuli Bangunan

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 24 September 2020
2469 dilihat
Demi Penuhi Biaya Kuliah, Mahasiswa Ini Rela Jadi Kuli Bangunan
Arifin saat berada di rumah buatannya sendiri. Foto: Ahmad Sadar/Telisik

" Saya tidak ingin merepotkan kedua orang tua di kampung. "

KENDARI, TELISIK.ID - Biasa disapa Arifin oleh teman sejawatnya. Ia adalah salah satu mahasiswa universitas ternama di Kota Kendari yang terpaksa menjadi kuli bangunan untuk memenuhi biaya kuliahnya.

Arifin saat ini, menempati rumah gubuk yang dibuatnya sendiri, berada di kawasan Anduonohu Kecamatan Poasia Kota Kendari.

Sementara itu, mahasiswa tingkat akhir ini mengaku, biaya kuliah yang saat ini tinggi, membuatnya terpaksa banting tulang dengan bekerja menjadi kuli bangunan.


"Setengah mati kasian sodara, saya kerja bangunan karena memang saat ini lagi mau menyusun dan harus butuh biaya banyak, akhirnya terpaksa saya jadi kuli bangunan," tutur Arifin kepada Telisik.id, Kamis (24/9/2020).

Dengan bekerja sebagai kuli bangunan lanjut Arifin, dia mendapatkan upah yang bervariasi dan itu ungkapnya selalu ditabungnya untuk keperluan biaya kuliah.

"Kadang dikasih Rp 110 ribu kadang juga dikasih Rp 120 ribu, itu pun sesuai perjanjian dengan tukangnya. Alhamdulillah, sebagian langsung saja saya tabung uangnya untuk biaya kuliah," tutur Arifin.

Baca juga: Dua Tahun Menderita Radang Usus, Tak Punya Biaya untuk Operasi

Kemudian lanjutnya, kedua orang tua tercintanya, tak mengetahui pekerjaan yang dia geluti sekarang ini, sebab tambahnya, tak ingin menyusahkan mereka.

"Saya tidak ingin merepotkan kedua orang tua di kampung," ucapnya tertunduk.

Arifin yang masih bekerja sebagai kuli bangunan ini mengaku, berasal dari luar Pulau Kota Kendari. Sebelumnya, sengaja bertandang di Bumi Anoa dengan niat melanjutkan studinya.

Selain itu tambah Arifin, kedua orang tua di kampung halamannya, bekerja sebagai petani dan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhannya, namun ia memilih mandiri di Kota Kendari dengan niat tak ingin menyusahkan mereka.

"Saya tidak ingin menyusahkan mereka dan saya juga tidak ingin mereka tahu, kalau saat ini saya bekerja sebagai kuli bangunan, hanya untuk biaya kuliah," tutupnya.

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga