Demokrat dan PDIP Sultra Bertemu, Sepakat Tolak Penudaan Pemilu 2024

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 16 Maret 2022
0 dilihat
Demokrat dan PDIP Sultra Bertemu, Sepakat Tolak Penudaan Pemilu 2024
Pertemuan pengurus DPD Demokrat dan PDIP Sultra. Foto: Ist

" Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat dan PDIP Sultra bersepakat menolak penundaan pelaksanaan pemilu tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat dan PDIP Sultra bersepakat menolak penundaan pelaksanaan pemilu tahun 2024.

Kedua kepengurusan partai di tingkat provinsi tersebut tetap menginginkan Pemilu dilaksanakan di tahun 2024 sesuai jadwal.

Hal itu mengemuka pada pertemuan silaturrahmi antara pengurus DPD Partai Demokrat Sultra dan DPD PDIP yang dilaksanakan di Sekretariat PDIP Sultra di Kota Kendari, Rabu (16/3/2022).

Ketua DPD Demokrat Sultra, Muh Endang datang bersama jajaran pejabat utama partai  Sultra ke kantor PDIP Sultra untuk bersilaturrahmi dan mendiskusikan isu politik lokal maupun nasional.

Mereka diterima langsung oleh Ketua PDIP Sultra, Lukman Abunawas beserta jajarannya. Salah satu isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah adanya gerakan untuk menunda pelaksanaan pemilu 2024.

“Alhamdulillah, Kami bersepakat menolak penundaan pelaksanaan pemilu tahun 2024," kata Endang.

Baca Juga: PAN Setuju Pemilu 2024 Diundur, Salah Satu Alasannya Perang Rusia-Ukraina

Endang menambahkan, selain tidak berdasarnya alasan yang dikemukakan oleh para penggerak gerakan menunda pemilu 2024. Penundaan pemilu tahun 2024 juga melanggar konstitusi UUD 1945 pasal 22 E. Juga dinilai bisa menimbulkan chaos yang memungkinkan masuknya kembali militer dalam politik.

“Ini pada gilirannya bisa memundurkan demokrasi kita” tegas Endang.

Sementara itu, Wakil Ketua OKK DPD PDIP Sultra, Hasan Basri yang mewakili Ketua PDIP Lukman Abunawas menyampaikan, apresiasi kepada Partai Demokrat Sultra yang bersilaturrahmi ke kantor PDIP.  

Menurutnya, ini menunjukkan untuk kepentingan bangsa negara dan daerah, partai politik di Sultra bisa bekerjasama.

“Kami senang sekali atas kunjungan Demokrar Sultra ini, dan Insya Allah kami akan mengunjungi balik Demokrat Sultra," tutur Hasan.

Baca Juga: Jika Konstitusi Mengijinkan, NasDem Terdepan Usung Presiden Jokowi Tiga Periode

Ia juga menyampaikan sikap partainya mulai dari jajaran DPP sampai ranting yang tegas menolak penundaan pemilu 2024.

"Tidak benar kalau ada yang mengatakan kader atau simpatisan PDIP itu mendukung penundaan pemilu," tambah Hasan.

Dalam pertemuan itu tampak hadir para tokoh kedua partai tersebut. Dari Demokrat selain Endang juga terlihat Sekretaris DPD PD Sultra, S Budhi Prasodjo, Bendahara yang juga Ketua Komisi I DPRD Sultra, Rifqi Saifullah Rasak, dan pengurus teras lainnya.

Sementara dari PDIP, selain Lukman Abunawas dan Hasan Basri juga hadir Gunaryo, Wakil Ketua DPD PDIP yang juga Aleg DPRD Sultra, Amir Faisal, Wakil Ketua, Made Suparna, Kasek DPD PDIP, Alwi Genda mantan Ketua PDIP Kota Kendari dan pengurus lainnya. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga