Depo Pertamina Plumpang Terminal BBM Paling Vital di Indonesia, Sudah 2 Kali Meledak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 04 Maret 2023
0 dilihat
Depo Pertamina Plumpang Terminal BBM Paling Vital di Indonesia, Sudah 2 Kali Meledak
Terjadi kebakaran di kawasan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang milik PT Pertamina (Persero) atau Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara. Foto: Repro Kompas.com

" Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara beroperasi mulai tahun 1974. Terminal BBM Plumpang memiliki kapasitas tangki timbun sebesar 291.889 kiloliter "

JAKARTA, TELISIK.ID - Terjadi kebakaran di kawasan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang milik PT Pertamina (Persero) atau Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara sekitar pukul 20.30 WIB, Jumat (3/3/2023) malam.

Melansir Liputan6.com, dalam publikasi Global Tank Storage, Integrated Terminal Jakarta atau Depo Pertamina Plumpang dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia. Ini karena menyuplai sekitar 20 persen kebutuhan BBM harian di Indonesia atau sekitar 25 persen dari total SPBU Pertamina.

Selain itu, Thruput BBM rata rata sebesar 16.504 kiloliter per hari dan wilayah distribusi utamanya meliputi Jabodetabek.

Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara beroperasi mulai tahun 1974. Terminal BBM Plumpang memiliki kapasitas tangki timbun sebesar 291.889 kiloliter.

Saat ini Terminal BBM Plumpang menyalurkan produk dengan varian yang sangat lengkap yaitu Premium, Bio Solar, Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo, melalui Terminal Automation System (TAS) berkelas dunia yang biasa disebut New Gantry System ke kompartemen 249 unit mobil tangki.

Baca Juga: Depo Pertamina Plumpang Kebakaran Hebat, Mayat Makin Banyak

Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara sebelumnya pernah meledak pada 2009. Kejadian itu tejadi pukul 21.20 WIB. Api baru bisa dipadamkan pada keesokan pagi, sekitar pukul 06.15 WIB.

Pertamina ketika itu mengatakan bahwa kebakaran tersebut telah menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp 17 miliar. Sementara korban jiwa akibat insiden itu berjumlah satu orang, yakni petugas keamanan di fasilitas tersebut.

Baca Juga: Kebakaran Rumah Kost Nyaris Menelan Korban di Kendari

Kini, Depo Pertamina Plumpang kembali kebakaran untuk kedua kalinya. Kebakaran hebat tersebut membuat masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian panik. Sementara itu dilansir dari Merdeka.com, PT Pertamina memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tetap aman usai terbakarnya depo BBM Pertamina di Plumpang.

Adapun back up supply dari terminal terdekat yaitu TBBM Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, dan TBBM Ujung Berung.

"Pasokan BBM juga diamankan melalui dukungan dari Kilang Cilacap dan Balongan yang disalurkan lewat laut ke TBBM Tanjung Priuk," ucap Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga