Deratan Film Ini Terinspirasi dari Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
Deratan Film Ini Terinspirasi dari Indonesia
Position Among the Stars bercerita tentang kisah tiga generasi dalam sebuah keluarga miskin yang tinggal di dalam pemukiman kumuh di Indonesia. Foto: Repro Sindonews.com

" Film Raya and the Last Dragon berlatarkan negeri fantasi fiksi bernama Kumandra, yang terinspirasi oleh budaya beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Beberapa film dari luar negeri ini ternyata terinspirasi langsung dari Indonesia. Beberapa di antaranya terinsiporasi dari kekayaan budayanya.

Inspirasi dari Indonesia ini bisa Anda diketahui dari pernyataan sineas atau timnya, bahkan sebagian juga bisa dilihat langsung saat menonton filmnya.

Berikut ini lima film luar negeri yang terinspirasi dari Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber, antara lain:

1. Raya and the Last Dragon (2021)

Film ini berlatarkan negeri fantasi fiksi bernama Kumandra, yang terinspirasi oleh budaya Asia Tenggara dari Indonesia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Laos, dan Filipina. Untuk melakukan penelitian, pembuat film dan tim produksi melakukan perjalanan ke semua negara yang disebutkan di atas, kecuali Myanmar dan Malaysia.

Mengutip Sindonews.com, Raya and the Last Dragon adalah film animasi genre petualangan buatan Disney yang disutradarai oleh Carlos López Estrada dan Don Hall.

Baca Juga: Film Indonesia Peraih Berbagai Penghargaan Intenasional, Autobiography Tak Tayang di Kendari

Ada beberapa kemunculan elemen-elemen dengan referensi budaya Indonesia di dalam film ini, seperti kesenian wayang kulit, pedang yang menyerupai keris, gamelan, struktur atap rumah gadang, dan buah kelengkeng.

2. Eat Pray Love (2010)

Dikutip dari Wikipedia.com, Eat Pray Love adalah film drama Amerika Serikat tahun 2010 berdasarkan novel Eat, Pray, Love karya Elizabeth Gilbert. Syuting film ini dimulai pada Agustus 2009. Lokasi syuting Eat Pray Love meliputi New York, Napoli, Pataudi, dan Bali.

Eat Pray Love merupakan film drama yang disutradarai oleh Ryan Murphy. Film yang dibintangi oleh Julia Roberts ini menceritakan tentang seorang perempuan yang memutuskan untuk pergi ke Bali setelah mengalami perceraian yang menyakitkan. Ketika berada di Bali, terdapat adegan saat Liz melakukan meditasi di Teras Sawah Tegalalang.

3. Position Among the Stars (2010)

Position Among the Stars adalah sebuah film dokumenter pada 2010 yang disutradarai oleh Leonard Retel Helmrich. Ini dirilis pada 17 November 2010 sebagai film pembuka IDFA (International Documentary Festival Amsterdam).

Baca Juga: Telah Tayang di Kendari, Film High and Low The Worst X Cross Sepi Peminat

Film dokumenter ini merupakan kelanjutan dari Eye of the Day dan Shape of the Moon dan mengikuti lagi keluarga Sjamsuddin, yang terdiri dari tiga generasi, yang tinggal di daerah kumuh tepatnya Jakarta, Indonesia.

4. The Way of Water (2022)

Film fiksi ilmiah petualangan Avatar: The Way of Water adalah film laris yang disutradarai oleh James Cameron. Dalam wawancaranya bersama National Geographic, sang sutradara secara langsung menyebut bahwa inspirasi kehidupan Metkayina, salah satu klan dalam film itu, terinspirasi dari salah satu suku di Indonesia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga