Deretan Artis dan Selebgram Karirnya Redup Kesandung Narkoba, Salah Satunya jadi Kaki Tangan Fredy Pratama

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 16 Juli 2024
0 dilihat
Deretan Artis dan Selebgram Karirnya Redup Kesandung Narkoba, Salah Satunya jadi Kaki Tangan Fredy Pratama
Nur Utami (kiri), Adelia Putri (tengah), Chandrika Chika (kanan) selebgram yang saat ini berada pada jeruji besi. Foto: Kolase

" Ada sejumlah selebgram dan artis Tanah Air terkenal yang terlibat kasus narkoba, bahkan sampai berkali-kali. Sebelum Chandrika Chika, sederet selebritas dunia maya juga pernah tersangkut kasus narkoba "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ada sejumlah selebgram dan artis Tanah Air terkenal yang terlibat kasus narkoba, bahkan sampai berkali-kali. Sebelum Chandrika Chika, sederet selebritas dunia maya juga pernah tersangkut kasus narkoba.

Mereka ada yang menjadi pengguna, namun ada pula yang terseret karena dekat dengan tersangka kasus narkoba. Diketahui, Fredy Pratama, gembong narkoba sindikat internasional yang diburu interpol dari empat negara sejak 2014, tetap leluasa menjalankan bisnis haramnya.

Sebanyak 39 orang kaki tangannya dibekuk lantaran mengedarkan 10,2 ton sabu. Polisi juga menyita uang milik Fredy sebesar Rp10,5 triliun yang diduga hasil penjualan narkoba.

Dari 39 kaki tangan Fredy yang diringkus, dua di antaranya merupakan selebgram. Kedua selebgram itu adalah Adelia Putri Salma asal Palembang dan Nur Utami dari Makassar. Keduanya tidak terlibat langsung mengedarkan narkoba, tetapi menikmati uang hasil penjualan barang haram itu, seperti dilansir dari inilah.com, Selasa (16/7/2024).

Adelia Putri yang dijuluki,Ratu Narkoba, merupakan istri dari salah seorang pelaku dalam sindikat Fredy yang sudah mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusa Kambangan. Sedangkan selebgram lainnya, Nur Utami, adalah istri dari salah satu bandar narkoba sindikat Fredy yang beroperasi di Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Link Video Syur 15 Menit 30 Detik Kembali Beredar, Kebaya Merah Part 2 di Atas Sofa

Selain di atas, selebgram dan artis karirnya meredeup, tertangkap menggunakan narkoba bersumber dari beritasatu.com :

Chandrika Chika

Dengan nama lengkap Chandrika Sari Jusman, merupakan selebgram dengan 2,2 juta pengikut di Instagram dan 8,3 juta pengikut di TikTok. Ia sempat hits karena viralnya video joget Papi Culo diunggah di akun TikTok-nya pada 2020.

Sejak saat itu, Chika dikenal oleh publik sampai popularitasnya melambung tinggi. Kini, Chika terjerat kasus penyalahgunaan narkoba bersama teman-temannya dan terancam hukuman empat tahun penjara.

Empat orang di antaranya positif mengonsumsi ganja dan dua lainnya mengonsumsi metamfetamin. Chika ditangkap Polres Metro Jakarta Selatan bersama lima temannya di salah satu hotel kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Ammar Zoni

Muhammad Ammar Akbar, atau Ammar Zoni, merupakan artis terkenal yang tercatat sudah tiga kali ditangkap terkait kasus narkoba. Mantan suami Irish Bella ini pertama kali ditangkap oleh Polres Jakarta Pusat pada Jumat, 7 Juli 2017, karena menggunakan narkoba jenis ganja.

Enam tahun setelah kasus narkoba pertamanya, Ammar Zoni kembali terciduk karena masalah obat-obatan terlarang. Penangkapan kedua terjadi pada Rabu, 8 Maret 2023, di kediamannya di kawasan Sentul, Jawa Barat. Ia divonis tujuh bulan penjara dan dibebaskan pada Oktober 2023. Dari hasil tes urine, Ammar Zoni positif menggunakan sabu.

Namun, dua bulan bebas dari penjara, Ammar Zoni kembali ditangkap pada Rabu, 13 Desember 2023. Kali ini Ammar kedapatan membawa empat paket sabu dengan total berat 4,6 gram dan satu paket daun ganja seberat 1,32 gram.

Bobby Joseph

Mengawali karier sebagai aktor pada 2007 dengan membintangi karakter Terry dalam sinetron "Candy". Pada Desember 2021, Bobby Joseph diringkus oleh jajaran Satresnarkoba Polres Tangerang Selatan, terkait kasus dugaan penyalahgunaan sabu di kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Sempat bebas dari jeruji besi, Bobby Joseph kembali ditangkap terkait dugaan penyalahgunaan narkoba jenis tembakau sintetis di kediamannya yang berlokasi di wilayah Cinere pada Jumat, 21 Juli 2023.

Revaldo Fifaldy Surya Permana

Lebih akrab disapa Revaldo, mengawali karier sebagai model sampai akhirnya terjun ke dunia seni peran pada 2003. Dia pernah membintangi sinetron "Ada Apa dengan Cinta", "Ajari Aku Cinta", dan film "Sri Asih". Revaldo ditangkap polisi di rumahnya di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada 10 April 2006.

Dia ditangkap atas kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu seberat satu gram, satu linting ganja, dan lima pil ekstasi. Setelah bebas pada September 2007, Revaldo kembali ditangkap polisi pada 20 Juli 2010 karena kedapatan membawa sabu seberat 50 gram saat berada di kawasan Jakarta Barat.

Baca Juga: Penyebar Video Porno Mirip Audrey Davis Masuk Radar Pencarian

Dia dipenjara selama tujuh tahun dan didenda sebesar Rp1 miliar. Tidak sampai di sana, pada Rabu, 11 Januari 2023, Revaldo kembali ditangkap atas kasus narkoba. Polisi turut menyita barang bukti narkoba berupa ganja dan sabu di apartemennya di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Ia terancam hukuman empat tahun penjara.

Karenina Maria Anderson

Model sekaligus aktris, ditangkap oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu, 2 Agustus 2023, karena terlibat kasus penyalahgunaan narkoba. Barang bukti yang ditemukan adalah ganja seberat 4,1 gram serta selinting ganja.

Popularitas Karenina di dunia model membuat dirinya semakin dikenal publik. Ia pun mendapat tawaran untuk membintangi sejumlah film hingga sinetron, seperti "Jomblo" dan "I Love You, Om".

Oge Setiawan

Oge Arthemus, memulai kariernya di dunia sulap pada awal 2000-an. Namanya mulai dikenal ketika berhasil memenangkan juara pertama di ajang The Master Season 5 pada 2012. Kemenangan tersebut memberinya gelar Master of Escapologist.

Namun, pesulap Oge Arthemus ditangkap polisi pada Jumat, 25 Agustus 2023, di suatu hotel di Yogyakarta. Oge Arthemus terungkap telah menanam ganja di rumahnya dan menggunakan ganja tersebut untuk konsumsi pribadi. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga