Deretan Beasiswa S1 hingga S3 Dalam Negeri 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 03 Januari 2023
0 dilihat
Deretan Beasiswa S1 hingga S3 Dalam Negeri 2023
Tahun 2023 banyak yayasan dan program pemerintah menawarkan beasiswa jenjang S1 hingga S3. Foto: Repro Esaunggul.ac.id

" Bagi scholarship hunters, beasiswa adalah kesempatan emas melanjutkan studi secara gratis "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi scholarship hunters, beasiswa adalah kesempatan emas melanjutkan studi secara gratis. Deretan info beasiswa ini tak hanya beasiswa nasional, melainkan juga beasiswa untuk di daerah tertentu.

Benefit beasiswa ini berupa gratis biaya pendidikan hingga biaya hidup yang bisa Telisikers dapatkan jika menjadi penerima.

Berikut ulasan beasiswa S1 hingga S3 dalam negeri yang dikutip dari msn.com dan idbeasiswa.id, antara lain:

1. Beasiswa Unggulan

Mengacu pada periode sebelumnya, beasiswa unggulan membuka pendaftaran pada bulan Oktober. Beasiswa ini bisa diikuti oleh mahasiswa di semua jenjang baik S1 hingga S3 dan pegawai Kemendikbudristek yang sedang melaksanakan studi di perguruan tinggi negeri/swasta di bawah binaan Kemendikbud bisa mendaftar.

Baca Juga: Beasiswa D3, S1 dan S2 Brunei Darussalam 2023

Syarat utama mengikuti beasiswa ini adalah calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 3 (semua jenjang) pada saat mendaftar.

2. Beasiswa S2 Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan program Beasiswa S2 dalam negeri yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Program beasiswa Kominfo ini awal program fokus pada pemberian beasiswa bidang informatika dengan tujuan program studi Chief Information Officer/Tata Kelola TIK, sebagaimana dikutip dari laman beasiswa.kominfo.go.id.

3. Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB)

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) merupakan program beasiswa kerja sama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kementerian Agama. Dua program yang didanai Beasiswa Indonesia Bangkit yaitu Beasiswa Gelar (Degree) dan Beasiswa Non Gelar (Non Degree).

4. Beasiswa Indonesia Maju

Beasiswa Indonesia Maju merupakan bagian dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BIM). Program BIM ini adalah program bagi peserta didik/lulusan berprestasi yang berkeinginan melanjutkan studi di perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Stikes Pelita Ibu Punya Satu-satunya Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan di Kendari

5. Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia merupakan beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia bagi para mahasiswa S1 di PTN dan PTS serta pelajar SMK terpilih.

6. Tanoto Fondation

Program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan) merupakan salah satu inisiatif Tanoto Foundation dalam membangun generasi unggul dan pemimpin masa depan yang tangguh untuk berkontribusi membawa dampak positif untuk Indonesia.

Dalam program ini, Tanoto Foundation memberikan dukungan pengembangan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur, kesempatan pengembangan diri hingga tingkat global, pengabdian masyarakat, berbagai sarana kolaborasi dan jejaring, disertai dengan dukungan biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga