Deretan Destinasi Wisata Alam di Muna Barat, Keindahan yang Tersembunyi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 18 Juni 2024
0 dilihat
Deretan Destinasi Wisata Alam di Muna Barat, Keindahan yang Tersembunyi
Salah satu destinasi wisata di Muna Barat yang menyajikan keindahan alam dan kesejukan mata air. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Tak kalah indahnya dengan destinasi wisata di daerah lain, Muna Barat memiliki banyak destinasi wisata indah yang belum terekspose "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kebanyakan orang memilih berpergian atau bertamasya saat hari libur setelah perayaan hari besar seperti Idul Adha.

Destinasi wisata alam seperti pantai atau destinasi wisata religi, mungkin menjadi pilihan untuk melepas penat, atau sekedar berswafoto.

Tak kalah indahnya dengan destinasi wisata di daerah lain, Muna Barat memiliki banyak destinasi wisata indah yang belum terekspose.

Sebagai kabupaten pemekaran dari Kabupaten Muna, Muna Barat tidak hanya kaya akan budaya dan sejarah, tetapi juga memiliki keindahan alam yang memukau dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Permandian Wakante, terletak di Desa Latugho, Kecamatan Lawa. Permandian ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang memberikan nuansa teduh alami.

Wisatawan dapat menikmati air segar yang berasal dari mata air di sekitar permandian sambil menikmati suasana damai di tengah hijaunya alam Muna Barat. Tak hanya itu, pengunjung dapat menikmati sensasi bermain bersama ikan hias atau ikan koi di empang milik warga sekitar.

Baca Juga: Nantikan Festival Liang Kobori 2024, Gali Potensi Kearifan Lokal dan Promosi Situs Gua Prasejarah

Permandian Wakante sangat mudah dijangkau. Dari Bandara Sugi Manuru, perjalanan menuju Permandian Wakante hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Tak jauh dari Permandian Wakante, terdapat Permandian Matakidi yang juga menawarkan pengalaman serupa dengan suasana yang sejuk dan air yang jernih. Kedua permandian ini meski berdekatan, memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan kehangatan masyarakat lokal.

Di Permandian Matakidi tak berbeda jauh dengan nuansa yang ada di permandian Wakante, namun di Permandian Matakidi pengunjung bisa merasakan kesegaran air yang utuh tanpa dikelilingi empang di sekitar permandian.

Ini dikarenakan panjang sungai atau danau yang tidak terlalu melebar seperti Wakante. Di Permandian Matakidi, hanya kesejukan air dan pepohonan rindang yang dapat dinikmati pengunjung, dan tempat ini nyaman untuk dijadikan tempat kemah terbaik.

Selanjutnya, ada Permandian Kooke yang tidak jauh dari Permandian Matakidi dan Permandian Wakante. Permandian ini menawarkan air sungai yang jernih dan dikelilingi oleh bebatuan sungai berbagai ukuran di bawah rindangnya pohon-pohon besar.

Dengan suasana alam yang tenang dan udara segar, Permandian Kooke cocok untuk menikmati kegiatan outdoor seperti berkemah bersama keluarga atau teman-teman.

Bagi yang tertarik dengan sejarah, ada Benteng Tiworo sebagai pilihan tepat, berlokasi di Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tiworo Kepulauan. Benteng ini menawarkan panorama alam yang memesona sambil memperkaya pengetahuan tentang Kerajaan Tiworo.

Benteng yang telah mengalami pemugaran ini tetap mempertahankan keindahannya. Menjadi saksi bisu dari perjuangan masyarakat Muna Barat melawan penjajah di masa lalu.

Tidak kalah menariknya, Pantai Pajala atau yang dikenal dengan nama Bone Kadea, menawarkan pasir pantai berwarna merah yang langka. Terletak di Desa Pajala, Kecamatan Maginti, pantai ini menjadi tempat ideal untuk menikmati keindahan alam Muna Barat dengan pasir kemerah-merahan yang unik.

Jangan lewatkan pula Pulau Indo, sebuah destinasi populer di gugusan Kepulauan Tiworo. Pulau ini menawarkan pantai pasir putih yang memikat serta keindahan laut yang menakjubkan. Untuk mencapai Pulau Indo, wisatawan dapat menyewa perahu nelayan dan menikmati perjalanan singkat dari pesisir Tiworo.

Baca Juga: Nantikan Fetival Lulo Ngganda Benua Bakal Digelar Oktober, Gali Potensi Budaya Konawe Selatan

Bagi yang mencari pengalaman berbeda, Pulau Gala Kecil juga adalah pilihan yang tepat dengan pasir putih bersih yang memanjang saat air surut. Pulau ini menawarkan ketenangan dan keindahan alam yang tiada duanya.

"Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh untuk liburan. Sekitaran Muna Barat ini masih banyak hal yang perlu dieksplor baik dari segi wisata maupun budayanya," ungkap salah satu warga, Dennis.

Muna Barat tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga kehangatan dari masyarakatnya serta kekayaan budaya yang masih terjaga dengan baik seperti saat berkunjung ke gugusan pulau yang ada di Muna Barat, masyarakat akan selalu menerima dengan hangat kedatangan tamu dan menyuguhkan beberapa komoditas terbaik seperti lobster dan kepiting.

"Kalau berkunjung ke pulau ramah dan hangat masyarakat di sana, terlebih saat pulang dari kunjungan kita selalu diberikan oleh-oleh berupa hasil tangkapannya," ujar Alim.

Dengan berbagai destinasi wisata yang menarik, kunjungan ke Muna Barat pada saat liburan menjadi pilihan yang tepat untuk merayakan momen berharga bersama keluarga atau sanak saudara. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga